Mitos Tentang Alam Sebagai Peringatan Kepada Manusia

Mitos Tentang Alam Sebagai Peringatan Kepada Manusia – Alam ternyata sudah menunjukkan tanda-tanda tertentu sebagai peringatan kepada manusia.

Orang zaman dahulu yang belum memiliki teknologi seperti sekarang, mengetahui adanya bencana dari tanda-tanda yang diberikan alam. Mau tahu seperti apa? Check this out!

Untitled

Ayam kampung tak bertelur dalam waktu lama

Ayam kampung sudah dikenal secara luas di Indonesia, baik karena telurnya maupun khasiat yang dimilikinya. Kuning telur ayam kampung dipercaya bisa meningkatkan kebugaran tubuh.

Orang dulu percaya bahwa jika ayam kampung tak bertelur dalam waktu lama dan bersuara gaduh setiap malam, maka mungkin akan ada bencana di daerah tersebut.

Burung laut terbang ke daratan rendah

Biasanya, burung laut terbang di atas permukaan air laut secara berkelompok. Kemudian, mereka berhenti di garis pantai atau lembah-lembah sekitar pantai.

Mitos Mesir kuno mengatakan bahwa jika ada burung laut berwarna hitam terbang dalam kelompok besar menuju daratan yang lebih rendah melewati permukiman dan pantai, akan terjadi bencana yang berkaitan dengan gelombang air laut. Bisa jadi, naiknya gelombang air laut yang sangat dahsyat.

Petir di siang bolong

Mitos tentang petir di siang bolong yang cerah ini berasal dari suku-suku di Sumatera dan daerah Melayu.

Ada dua versi arti dari peristiwa petir di siang hari ini. Yang pertama percaya bahwa tokoh masyarakat sekitar akan berpulang ke rahmatullah. Yang kedua, mereka percaya akan terjadi bencana di bawah langit daerah tersebut.

Kelompok semut berbaris menjauhi habitatnya

Bukan merupakan hal yang aneh melihat semut berbaris di dindung, sebab mereka memang hewan yang sangat menjunjung persatuan dan persaudaraan antar individu semut.

Namun, menurut mitos suku Afrika, Timur Tengah, dan beberapa wilayah di Asia, peristiwa ini bisa jadi merupakan tanda-tanda akan datangnya bencana alam.

Kera tak mau tinggal di pohon lagi

Kera merupakan binatang yang sangat identik dengan pohon, sebab disanalah tempat tinggal mereka.

Baca Artikel Lainnya :

Namun, kalau mereka sudah tak lagi mau berada di tempat tinggalnya itu pada waktu tertentu, menurut masyarakat di daerah Sumatera, akan terjadi bencana. Hal ini juga dibarengi dengan suara kegaduhan mereka pada malam hari.

Hal-hal tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi kita untuk mengenali akan adanya musibah, namun tidak bijak juga jika hanya melihat satu tanda kemudian langsung mempercayai akan adanya musibah. Alam memberikan banyak tanda-tanda kepada manusia, dan kita harus teliti membacanya.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *