Mitos Tentang Membaca Sambil Tidur Menyebabkan Rabun

Ketika Anda masih kecil serta masih banyak diyakini hingga saat ini adalah adanya larangan melakukan aktivitas membaca sambil telentang atau tiduran. Meskipun hingga saat ini pernyataan tersebut masih tergolong sebagai mitos. Lantas apakah mitos tersebut benar?

c 13

Rabun akibat membaca adalah mitos

Sebenarnya mitos ini tidak benar, namun juga tidak bisa dikatakan 100% salah. Seseorang yang sudah mengalami masalah rabun jauh sekalipun tidak pernah melakukan aktivitas membaca sambil tiduran, masih akan tetap berpotensi untuk menderita rabun jauh.

Hal yang menjadi masalah di dalam aktivitas ini pada kenyataannya hanya terletak ketika jarak membaca terlalu dekat. Seperti yang sudah Anda ketahui ketika membaca sambil tidur, umumnya menjadikan jarak antara mata dengan buku bacaan semakin lama akan semakin dekat.

Dengan demikian mata juga dipaksa untuk bertahan fokus di dalam jarak yang kurang ideal. Saat jarak yang terjadi antara buku yang Anda baca dengan mata semakin dekar, mau tidak mau mata terus dipaksa bekerja lebih keras untuk melihat tulisan-tulisan dengan ukuran cukup kecil di dalam buku tersebut.

Sangat dianjurkan membaca sambil duduk

Padahal selama membaca buku Anda perlu berkonsentrasi dan memahami apa yang sedang Anda baca. Dengan kinerja mata yang terlalu berlebihan hanya membuat Anda merasa lelah. Maka dari itu, sangatlah tidak dianjurkan membaca sambil rebahan atau tiduran.

Baca Artikel Lainnya :

Sementara metode yang paling baik serta lebih dianjurkan yaitu membaca sambil duduk. Namun membaca dengan posisi duduk maupun berdiri ketika jaraknya masih tidak ideal tetap akan menyebabkan mata menjadi cepat lelah, hal ini menjadi penyebab dari rabun jauh di kemudian hari.

Idealnya adalah menempatkan buku bacaan di sudut 60˚ ke arah bawah dengan jarak sekitar 30 hingga 33 cm dari wajah. Ketika ingin membaca sembari tiduran, maka pilihlah posisi rebah dengan posisi tubuh yang setengah duduk atau bersandar pada bantal.

Jangan lupa kepala juga harus tegak. Sehingga paling tidak posisi Anda tetap bertahan dalam posisi yang ideal untuk membaca.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *