Mitos Yang Harus Anda Ketahui Tentang Keuangan

Mengatur keuangan sehari – hari adalah kegiatan yang gampang – gampang susah. Karena siapa yang tidak tergoda untuk untuk konsumtif melihat begitu banyak pilihan barang – barang terbaru di etalase mal.

Sementara harus juga memenuhi kebutuhan sehari – hari beserta tagihan – tagihan yang sudah menanti untuk dilunasi atau dibayar cicilannya agar bunga tidak terlalu besar. Berikut adalah mitos yang harus anda ketahui tentang keuangan agar anda tidak salah langkah :

o 97

1. Bertransaksi dengan kartu kredit lebih praktis

Lebih praktis dalam hal efisiensi waktu dan tenaga memang betul, namun dari sisi hidup hemat dan tidak boros kartu kredit jelas berseberangan dengan hal itu.

2. Membeli barang yang harganya murah itu lebih baik

Membeli barang yang harganya lebih murah dari barang lain yang sejenis memang bisa menghemat pengeluaran saat ini. Namun yang harus dipertimbangkan adalah apakah sepadan antara harga yang murah dengan kualitas barang yang kita terima? Karena hukumnya jelas bahwa ada harga ada kualitas yang mengikuti.

3. Tabungan adalah uang jaga jaga (yang sewaktu – waktu dapat diambil)

Ya, hal ini betul adanya. Tapi atas purpose apa tabungan tersbeut diambil, membayar belanja anda yang over budget? Oh it’s such a big no no!

Tabungan adalah tabungan, yang  boleh dipakai jika ada unsure urgensi di dalam kebutuhan kita, seperti misalnya tiba tiba ada musibah kita tertimpa sakit keras dan harus membayar biaya berobat.

4. Lebih Efisien sudah pasti lebih murah

Mari kita ambil contoh pengguna motor. Di musim hujan seperti ini, jas hujan sangat dibutuhkan untuk selalu stand by di dalam motor karena hujan bisa saja turun tanpa bisa diprediksi. Dengan alsan efisiensi, kita memilih jas hujan plastik tipis seharga Rp. 10,000.

Namun baru lima kali pakai, jas hujan itu sudah compang camping karena kualitas bahannya yang tipis dan mudah sobek.

Coba jika kita memilih jas hujan yang agak mahal, seharga Rp. 180,000, berbahan tebal ada resleting dan hoodie untuk melindungi kepala, terdiri atas jas dan celana serta bahan yang anti rembes. Jas hujan model ini jelas akan lebih awet dibandingkan dengan jas hujan sebelumnya.

Baca Artikel Lainnya :

Dari beberapa penjelasan di atas, kita sebagai pekerja yang masih mengandalkan biaya hidup sehari – hari pada gaji bulanan jelas harus lebih bijak dalam menentukan sikap yang terkait dengan lalu lintas keuangan pribadi.

Jadi kerja yang selama ini dilakukan tidaklah sia sia dan dapat membuahkan hasil bermakna untuk hidup anda.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *