Morgan Freeman, Seorang Aktor Amerika

Biografi Morgan Freeman, Seorang Aktor Amerika – Morgan Freeman lahir pada tanggal 1 Juni 1937 di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat. Morgan Freeman merupakan aktor dan narrator asal Amerika.morgan

Morgan Freeman telah menerima nominasi di ajang Academy Award karena penampilannya di Street Smart tahun 1987, Driving Miss Daisy di tahun 1989, The Shawshank Redemption di tahun 1994 dan Invictus di tahun 2009. Selain itu memenangkan piala oskar untuk aktor pendukung terbaik di tahun 2005 untuk film Million Dolar Baby di yang tayang tahun 2004.

Morgan Freeman juga memenangkan sebuah penghargaan di ajang Golden Globe Award dan Screen Actor Guild Award. Morgan Freeman telah tampil di banyak film bioskop yang sukses termasuk film Glory yang rilis tahun 1989, Robin Hood : Prince of Thieves di tahun 1991, Seven di tahun 1995, Deep Impact di tahun 1998, The Sun of All Fears di tahun 2002, Bruce Almighty di tahun 2003, The Dark Knight Trilogy dan The Lego Movie di tahun 2014 serta Lucy di tahun 2014.

Morgan Freeman dikenal karena suaranya yang rendah dan kelembutannya yang khusus. Morgan Freeman mendapatkan istirahatnya sebagai bagian dari peserta program anak di tahun 1970 The Electric Company.

Morgan Freeman merupakan anak dari Mayme Edna yang seorang guru dan Morgan Porterfield Freeman yang merupakan seorang tukang cukur rambut yang meninggal pada tanggal 27 April 1961. Morgan Freeman memiliki tiga orang saudara.

Berdasarkan hasil analisis DNA, beberapa leluhurnya berasal dari Nigeria. Morgan Freeman dikirim ketika masih bayi ke neneknya di Charleston, Mississippi. Morgan Freeman pindah secara sering selama masa kanak-kanaknya, tinggal di Greenwood, Mississippi kemudian Gary, Indiana dan akhirnya ke Chicago, Illinois.

Morgan Freeman memulai debut aktingnya ketika umur Sembilan tahun, memerankan peran utama di sebuah sekolah bermain. Morgan Freeman kemudian melanjutkan pendidikannya di Broad Street Hingh School, sebiah bangunan yang sekarang menjadi Threadgill Elementary School di Greenwood, Mississippi.

Ketika berumur 12 tahun, Morgan Freeman memenangkan sebuah kompetisi drama dan ketika masih sekolah di Broad Street High School, Morgan Freeman mempertunjukkan sebuah pertunjukan radio yang ada di Nashville, Tennassee.

Di tahun 1955, Morgan Freeman lulus dari sekolah menengah atas tersebut tetapi menolak sebuah beasiswa khusus drama dari Jackson State University, melainkan masuk ke dalam pasukan tentara udara Amerika Serikat dan menjabat sebagai seorang Automatic Tracking Radar Repairman, dan naik pangkat menjadi airman kelas satu.

Setelah 4 tahun di militer, Morgan Freeman pindah ke Los Angeles dimana Morgan Freeman mengambil kelas acting di Pasadena Playhouse dan kelas menari di San Francisco di awal tahun 1960an dan bekerja sebagai seorang pegawai di Los Angeles City College. Di San Fransisco, Morgan Freeman merupakan anggota kelompok teater musical Opera Ring.

Morgan Freeman muncul sebagai tambahan di film The Pawnbroker tahun 1965 dan banyak lagi penampilannya lainnya baik itu dalam teater maupun film. Morgan Freeman terlibat dalam teater dan mendapatkan penghargaan Obie Awards di tahun 1980 untuk perannya di Coriolanus.

Di tahun 1984, Morgan Freeman menerima penghargaan dari Obie Award yang ke dua karena perannya dalam The Gospel at Colonus. Morgan Freeman juga memenangkan penghargaan di ajang Drama Desk Awards dan Clarence Derwent Award karena perannya sebagai seorang wino di The Mighty Gents.

Pada tanggal 28 Oktober 2006, Morgan Freeman mendapatkan kehormatan di ajang Mississipi Best Award pertama dengan penghargaan Lifetime Achievement Award untuk kerjanya selama ini. Morgan Freeman gelar doctor kehormatan di bidang Arts and Letters dari Delta State University pada tanggal 13 Mei 2006. Dan di tahun 2013 Boston University memberikannya gelar doctor kehormatan di bidang Human Letters.

Baca juga : Leonardo DiCaprio, Seorang Aktor Amerika

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *