Mudah Memelihara Tanaman Hias Haworthia

Sederetan tanaman kecil berbungkus kain berwarna putih tulang menyerupai goni mini dengan tali gantung dibagian kanan dan kiri adalah sesuatu yang sangat menarik perhatian. Tanaman tersebut dipamerkan diantara beragam produk pertanian di Agrinex Expo 2015 di JCC, Jakarta, Jumat (20/3/2015).

i 95

Stand tanaman hias ini diminati oleh sekelompok ibu – ibu yang terlihat asyik mengamati satu per satu tanaman yang berisi catatan kecil tentang keterangan nama tanaman, nama ilmiah, habitat asli, cara perawatan, sekaligus manfaat setiap tanaman tersebut.

Sebagian besar tanaman tersebut adalah dari jenis herbs atau tanaman sejenis rumput – rumputan yang dimanfaatkan untuk bumbu masakan negara Eropa, mereka ditanam dalam tabulampot berdiameter 10 sentimeter.

Berbagai tanaman herbs seperti mint ( Mentha Spicata ), peppermint  (Mentha Piperita), thyme (Thymus Vulgaris), oregano (Origanum Vulgare), basil (Ocimum Basilicum), sage (Salvia Officinalis), dill (Anethum Graveolens), rosemary (Rosmarinus Officinalis), dan marjoram (Origanum Majorana) dikemas dalam goni mini bernuansa vintage dengan tulisan A Little of Gardenia.

Desain kemasan yang unik dan menarik merupakan salah satu cara pelaku pebisnis tanaman hias melakukan branding bahwa tanaman hias koleksi mereka dapat disubstitusikan terhadap kebutuhan sehari – hari masyarakat sehingga produk A Little of Gardenia tepat dimanfaatkan sebagai tanaman multi fungsi berupa hiasan interior, hadiah, suvenir, dan barang dagangan.

Di samping beragam tanaman herbs tersebut di atas, juga terdapat sekelompok tanaman hias mahal bernama Haworthia dari jenis curly brush ( Haworthia sp. ) merupakan tanaman hias jenis sukulen yang memiliki daun berbentuk unik dan indah.

Tanaman ini tidak memiliki duri pada bagian pinggir daunnya, bertekstur kasar dan tumbuh panjang menyerupai pedang – pedangan. Tanaman sukulen dapat tumbuh subur pada dataran rendah ataupun dataran tinggi dengan suhu 20 – 30 derajat Celcius.

Tanaman hias ini kerap dijadikan sebagai hiasan meja ruang tamu atau diletakkan pada teras rumah untuk memberikan nuansa teduh dan berkesan unik dan indah di sekitar teras rumah.

Seperti halnya tanaman hias mahal lainnya, Haworthia harus dipelihara dengan serius agar memberikan sekelompok daun yang sehat dan cantik, cara memelihara tanaman ini bisa anda pelajari di bawah ini :

1. Pemilihan pot.

Sebelum anda melakukan penanaman tanaman hias Haworthia, perhatikan terlebih dahulu pot dan media tanam. Usahakan pot yang akan anda pilih sesuai dengan jenis tanaman hias yang akan ditanam.

Lihatlah desain pot harus sesuai dengan tempat dimana pot – pot tersebut akan diletakkan. Pilih pot yang memiliki lubang drainase yang cukup fleksible. Setelah pot siap, langsung isi 1 per 3 pot dengan media tanam, lalu masukkan tanaman hias ke dalam pot.

Perhatikan saat memasukkan tanaman ke dalam pot harus hati – hati, jangan menghilangkan semua media asal tanaman (termasuk akar lama) karena akan mempersulit tanaman beradaptasi di tempat yang baru.

Setelah tanaman masuk ke dalam pot, tutup dengan media tanam yang tersisa sambil dipadatkan. Hindari mengisi pot sampai penuh. Beri ruang sisa 2 cm agar saat disiram air tidak meluber.

Sesekali bersihkan kotoran – kotoran berupa sampah yang menempel di permukaan tanah atau pada dinding luar pot agar tanaman dalam pot bisa tumbuh lebih cantik dan sehat.

2. Penempatan pot.

Disamping anda harus pandai memilih pot yang tepat, perhatikan penempatan posisi pot sangat memegang peranan penting terhadap kelangsungan hidup tanaman hias yang akan anda tanam.

Diketahui beberapa jenis tanaman hias yang memang hanya mampu hidup subur jika mendapat sinar matahari dalam jumlah memadai.

Maka dari itu, jika anda memilih tanaman hias yang termasuk ke dalam kelompok tanaman yang memerlukan banyak cahaya matahari, letakkan pot – pot tersebut pada area terbuka.

3. Penyiraman atau pengairan.

Anda harus memperhatikan beberapa teknik dalam menyiram tanaman hias dalam pot dari jenis Haworthia. Pertama adalah lakukan penyiraman secara langsung di atas tanaman secara keseluruhan membasahi seluruh bagian tanaman.

Kedua adalah dengan cara memberikan air bersih pada alas pot. Air ini akan diserap dengan sistem kapiler. Masing – masing tanaman mempunyai jenis penyiraman tersendiri. Yang harus dilakukan pada waktu pagi hari antara pukul 7 sampai jam 10 siang atau sore hari.

4. Pemupukan.

Tanaman hias dari jenis Haworthia sangat membutuhkan pupuk guna menutrisi akar – akarnya sehingga mereka akan tumbuh dengan subur, sehat dan indah. Pada umumnya mereka diberi pupuk NPK sesuai dengan takaran dalam kemasan setiap satu bulan sekali.

Baca Artikel Lainnya :

5. Membersihkan daun yang tak berguna.

Tahap pemeliharaan tanaman hias selanjutnya adalah menjaga kesuburan tanaman hias dengan cara membersihkan daun atau tangkai yang gugur setiap 2 minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesuburan tanaman sekaligus memperindah tanaman.

Demikian informasi yang bisa kami berikan, semoga dapat membantu para pecinta tanaman hias dalam merawat atau memelihara koleksi tanaman hias mereka agar tumbuh sempurna sehingga laku jual dengan nilai tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *