Musim Penghujan Telah Datang, Lindungi Tubuh Anda!

Musim Penghujan Telah Datang, Lindungi Tubuh Anda! – Musim penghujan sudah mulai datang. Hujan yang mengguyur bumi dari pagi hingga malam membuat tubuh kita harus beradaptasi lagi dengan suhu dan kelembaban udara.

hujanItu artinya kita perlu bersiap-siap menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Kita harus membentengi diri agar penyakit semacam flu, batuk, demam, sesak nafas, masuk angin, penyakit kulit dan berbagai penyakit yang menyerang imunitas tidak mudah menjangkiti kita.

Ada beberapa hal yang bisa kita jadikan benteng untuk imunitas tubuh agar tetap kuat menghadapi musim dingin seperti saat ini:

  1. Sering membuat minuman hangat yang alami dan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh seperti minuman jahe hangat.
  2. Membuat kebiasaan berolahraga secara teratur tentu akan sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat dan prima. Bila anda sangat sibuk dan tidak punya waktu luang banyak untuk berolah raga, anda bisa melakukan olahraga ringan di rumah sebelum berangkat ke kantor atau sekedar lari-lari kecil sepulang dari kantor.
  3. Konsumsi banyak makanan berserat seperti sayur dan buah serta makanan yang mengandung lemak. Di musim dingin kita butuh banyak asupan lemak dan energi, karena bila kita kekurangan energi maka penyakit akan mudah menyerang.
  4. Hal yang paling mudah mengganggu keseimbangan dalam tubuh adalah kurangnya waktu istirahat. Tenaga yang diforsir berlebihan dan waktu tidur yang tidak teratur dan sangat kurang dapat menyebabkan tubuh kelelahan dan mudah diserang penyakit
  5. Mengkonsumsi minuman yang terbuat dari lemon. Lemon diyakini dapat menjaga kesehatan tubuh karena kandungan di dalamnya dapat menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh.
  6. Sediakan suplemen dan vitamin sebagai asupan tambahan. Konsumsi juga vitamin C yang bisa di dapat dari buah-buahan seperti jeruk atau berry-berry-an.
  7. Menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan. Memberikan perhatian khusus terhadap kebersihan tubuh tentu amat baik untuk menghindari tubuh dari terjangkitnya penyakit. Musim penghujan memungkinkan lingkungan menjadi lebih kotor karena kelembaban udara menjadi waktu paling baik untuk kuman dan bakteri berkembang biak. Mencuci tangan, rajin mandi, rajin ikut bekerja bakti membersihkan lingkungan sekitar rumah, menutup sarang nyamuk, dan masih banyak lagi kegiatan bersih-bersih yang bisa membantu diri kita dan lingkungan agar tetap sehat dan higienis walau musim hujan sekali pun.
  8. Perbanyak minum air putih. Di musim dingin biasanya alasan paling klise yang membuat kita jarang minum air mineral adalah karena tidak haus. Padahal baik di musim panas maupun musim dingin kondisi tubuh tetap sama dan membutuhkan cairan yang juga kadarnya sama. Jadi jangan hilangkan kebiasaan minum air putih 8 gelas per hari minimum atau setara dengan 1,5 liter per hari. Karena air putih juga sangat baik dalam menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah tumbang oleh penyakit.
  9. Atur pola makan, atur waktu istirahat, dan pakailah pakaian yang cocok untuk menghangatkan tubuh disangat udara menjadi dingin di musim penghujan. Di musim dingin membuat kita cepat lapar, tapi tahukah anda bahwa di musim dingin justru proses metabolisme menjadi melambat, maka untuk menghindari obesitas sebaiknya tetap atur pola makan sebagaimana biasa. Kebanyakan tidur membuat tubuh mudah lemas dan otot pun menjadi kaku. Bila di musim dingin mudah mengundang kantuk, tetaplah bertahan dan beristirahat dengan waktunya yang seimbang.

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan agar tubuh tetap fit ketika musim penghujan sudah mulai datang. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Agar-Agar yang Kaya akan Manfaat

Loading…

One thought on “Musim Penghujan Telah Datang, Lindungi Tubuh Anda!

  1. Pingback: Mau Tahu Apa Saja 4 Makanan Penahan Lapar Pada Saat Malam Hari | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *