Navigasi Breadcrumb Sulit Terindex Google? Ini Solusinya!

Navigasi Breadcrumb Sulit Terindex Google? Ini Solusinya! – Para blogger yang sudah piawai bermain kode script ataupun tehnik lain yang difungsikan untuk mengoptimalkan SEO blog, tentu sudah tidak asing dengan istilah “breadcrumb”.

Untitled

Memang kata ini bukan untuk diartikan secara harfiah karena sesuai dengan terjemahan kamus Bahasa Inggris, kata ini berarti “roti renyah” yang tentu saja tidak ada kaitannya dengan dunia internet.

Namun dalam dunia blogging, kata ini mengartikan sebuah istilah dari tehnik yang digunakan agar navigasi dalam sebuah blog jadi lebih mudah dipahami oleh para pengunjung.

Masalah yang sering dialami oleh para blogger yang baru saja membuat domain blog baru, adalah lamanya terindex oleh algoritma mesin pencarian khususnya Google. Kenapa kita hanya membahas search engine milik Google saja? Karena tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini, sebagian besar pengunjung internet lebih suka dan setia dengan search engine satu ini.

Tampilan yang sederhana dan proses loading yang hanya dalam hitungan sepersekian detik sudah mampu menampilkan informasi yang kita butuhkan, membuat hampir semua pengunjung internet lebih menyukai mesin pencarian ini.

Jadi tidak salah bila dari mesin pencari ini, sebuah blog akan bisa mendapatkan puluhan atau ribuan pengunjung setiap harinya, sehingga bila sebuah blog tidak segera terindex oleh algoritma mesin pencarian ini, pasti harapan mendapatkan pengunjung dalam jumlah banyak, hanya sekedar impian.

Dari masalah ini, sedikit teridentifikasi bahwa masalah yang perlu diatasi adalah navigasi breadcrumb yang masih berbentuk glype atau disebut juga angle quotation mark yang dilambangkan dengan simbol “»” pada bagian atas judul artikel.

Adapun alasan yang dianggap cukup masuk akal kenapa simbol tersebut dianggap bisa menjadi masalah dalam proses indexing algoritma Google, antara lain:

  • Simbol ini masih dianggap asing oleh mesin bot Google karena masih merupakan bagian dari simbol ISO-8859-1,
  • Kurang mengena dalam proses navigasi karena bentuk simbolnya seperti berukuran font kecil, dimana biasanya berbeda dengan ukuran font huruf dalam halaman blog.

Oleh karena itulah, saat ini ditemukan sebuah solusi yang bisa dipercaya yaitu mengganti tanda angle quotation mark tersebut dengan tanda lebih besar dari atau dalam bahasa Inggrisnya greater than yang dilambangkan “>”.

Para ahli (webmaster dan blogger) meyakini bahwa lambang ini lebih mudah dikenali oleh mesin bot Google karena termasuk dalam golongan Reserved Character in HTML, dimana artinya sudah tidak asing dalam bahasa HTML. Karena sudah tidak dianggap asing, maka mesin bot akan lebih mudah mengidentifikasinya dan kemudian mengindex halaman tersebut.

Akibatnya, tentu saja adalah lebih mudahnya artikel baru pada halaman blog Anda terindex oleh Google. Dari yang biasanya bisa memakan waktu satu bulan, biasanya dengan menggunakan symbol “lebih besar dari” ini hanya membutuhkan waktu 3-7 hari saja. Boleh percaya, tapi boleh juga tidak, tapi tidak ada salahnya bila dipraktekkan.

Baca Juga : Apa Yang Dimaksud Dengan Blog Dofollow dan Nofollow?

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Navigasi Breadcrumb Sulit Terindex Google? Ini Solusinya!

  1. Pingback: Langkah-langkah Membuat Read More Di Blog | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *