Negara Yang tidak memiliki kekuatan militer

Sudah selayaknya sebuah Negara memiliki pertahanan militer. Hal ini merupakan antisipasi untuk serangan musuh. Tetapi, 3 negara ini tidak punya kekuatan militer. Apa saja Negara itu? Ini dia…

1. Vatikan

p 158

Negara kecil ini tidak mempunyai kekuatan militer. Mengapa?Sejak dahulu ada banyak kekuatan militer yang dibentuk untuk melindungi negara ini dan Paus. Pasukan utama yang dulu pernah mempertahankan negara ini adalah Garda Noble dan Palatine Garda.

Namun, tahun 1970, Paus Paulus VI menghapuskan dua kelompok tersebut. Saat ini yang memiliki tugas untuk menjaga keamanan di Vatikan adalah Kepausan Swiss Guard. Ada juga Gendar merie Corps, tetapi kelompok inil ebih dianggap sebagai kekuatan sipil dari pada militer.

Walau tak punya kekuatan militer, Vatikan tidak takut. karena Italia-lah yang melindungi negara kecil yang terletak di dalam ibukota Italia tersebut.

2. Panama

Mengapa? Dahulu, Panama telah mengalami masalah dengan militer, dan itulah sebabnya negara tersebut menghapuskan militernya. tahun 1968, militer di Panama melaksanakan kudeta terhadap Arnulfo Arias Madrid yang terpilih secara demokratis.

Karena ketidak percayaan serta trauma masyarakat Panama yang mendalam kepada militer, pemerintah yang baru kemudian mengamandemen konstitusi, dan menghilangkan militer pada 1994. walaupun memiliki hubungan yang jauh lebih baik dengan AS, Panama menolak permintaan AS yang maumembuat pangkalan militer di wilayah perbatasannya.

3. Costa Rica

p 159

Pemerintah dan warga meyakini bahwa Costa Rica akan baik-baik saja tanpa ada militer di sana. Pada tahun 1948, Costa Rica mulai menghapus militernya karena beranggapan bahwa lebih baik militer tiada.

Hal itu dikarenakan pergolaka npolitik yang melibatkan militer dan perang saudara pecah disana. Untuk memastikan konflik berdarah semacam itu tak terjadi lagi, pemerintah yang baru pun segera menyusun konstitusi yang bukan hanya menjamin pemilu bebas dan terbuka, pemerintah pun menghapus angkatan bersenjata negara.

Baca Artikel Lainnya :

Tapi anda jangan beranggapan bahwa disana tidaklah aman. Bahkan Costa Rica menghabiskan biaya sekitar US$ 300 juta untuk melengkapi polisi dan penjaga pantai disana dengan senjata yang equivalent dengan militer.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *