Nelson Mandela, Tokoh Perdamaian Dunia

Nelson Mandela, Tokoh Perdamaian Dunia – Nelson Mandela memiliki nama lengkap Nelson Rolihlahla Mandela. Nelson Mandela dilahirkan pada tanggal 18 Juli 1918. Nelson Mandela merupakan seorang politikus Afrika Selatan, revolusioner anti apartheid dan seorang dermawan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan dari tahun 1994 sampai 1999.nelson

Nelson Mandela merupakan pemimpin kulit hitam pertama yang dipilih secara langsung di pemilihan umum demokrasi. Pemerintahannya fokus pada pembongkaran budaya apartheid melalui penghapusan rasisme (pembedaan rberdasarkan ras) dan membantu perdamaian rasial. Secara politik sebagai orang yang berkebangsaan Afrika dan demokratiksosialis, Nelson Mandela menjabad sebagai presiden dari ANC (Kongres Nasinal Afrika) dari tahun 1998 sampai dengan 1999.

Lahir dari keluarga kerajaan Thembu suku Xhosa, Nelson Mandela melanjutkan pendidikan di Fort Hare Universitydan belajar di bidang hukum di University of Witwatersrand. Nelson Mandela tinggal di Johannesburg dan Nelson Mandela menjadi terlibat dalam politik anti kolonial kemudian bergabung dengan ANC dan menjadi salah satu anggota pendiri Youth League of ANC.

Setelah kelompok nasionalis Afrikaner dari partai nasional Berjaya di tahun 1948 dan menegakkan kebijakan Apartheid, ketenaran Nelson Mandela meningkat dalam Defiance Campaign ANC anti Apartheid di tahun 1952. Nelson Mandela mengikuti pemilihan dan terpilih menjadi presiden Transvaal pada Congress of the People tahun 1955.

Nelson Mandela bekerja sebagai seorang pengacara, Nelson Mandela berulang kali diangkap karena aktivitasnya menghasut dan sebagai pemimpin ANC diadili di persidangan Treason dari tahun 1956 hingga tahun 1961 namun Nelson Mandela dinyatakan tidak melakukan kesalahan. Dipengaruhi oleh Marxism, Nelson Mandela secara diam-diam bergabung dengan SACP (South African Communist Party.

Meskipun awalnya melakukan demonstrasi tanpa menggunakan kekerasan, Nelson Mandela dan SACP mendirikan pasukan militant yang disebut Umkhonto we Sizwe di tahun 1961, mereka memimpin sebuah sabotase dalam melawan pemerintahan Apartheid. Pada tahun 1962, Nelson Mandela ditangkap dan dihukum dengan tuduhan konspirasi dan dimasukkan penjara di Rivonia Trial.

Nelson Mandela dipenjara selama 27 tahun, awalnya dipenjarakan di pulau Robben dan kemudian dipindahkan ke penjara Pollsmoor dan penjara Victor Verster. Sebuah kampanye internasional memintanya untuk dibebaskan dan pada akhirnya Nelson Mandela dibebaskan pada tahun 1990.

Nelson Mandela bergabung dalam negosiasi dengan presiden FW de Klerk untuk menghapus Apartheid dan membuat pemilihan umum multi ras di tahun 1994, dimana Nelson Mandela memimpin ANC menuju kemenangan dan menjadi pemimpin atau presiden Afrika selatan berkulit hitam pertama. Nelson Mandela menerbitkan buku otobiografinya di tahun 1995.

Nelson Mandela memimpin pemerintahan National unity Afrika Selatan dan mengumumkan sebuah konstitusi yang baru. Nelson Mandela juga membuat Truth and Reconciliation commission untuk meginvestigasi penyelewwngan terhadap hak asasi manusia yang pernah terjadi sebelumnya. Ketika masih melanjutkan dengan pemerintahan sebelumnya ekonomi liberal, administrasinya juga mengenalkan perubahan lahan dan peningkatan layanan kesehatan.

Di kancah internasional, Nelson Mandela bertindak sebagai mediator antara Libya dan Inggris dalam Pan Am Flight 103 bombing trial dan mengawasi invensi militer di Lesotho. Nelson Mandela menolak untuk ikut dalam pemilihan yang kedua kalinya dan akhirnya posisi digantikan wakilnya Thabo Mbeki.

Nelson Mandela lebih focus pada aktivitas social untuk mengatasi kemiskinan dan penyebaran HIV AIDS melalui Nelson Mandela Foundation. Nelson Mandela telah mendapatkan banyak sekali penghargaan bahkan lebih dari 250 termasuk nobel perdamaian pada tahun 1993 dan lain-lain. Nelson Mandela sering sekali digambarkan sebagai Father of the Nation.

Baca juga : Yasser Arafat, Tokoh Pemimpin Palestina

Loading…

One thought on “Nelson Mandela, Tokoh Perdamaian Dunia

  1. Pingback: Biografi John F Kennedy, Mantan Presiden Amerika Serikat | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *