Nikmati Nasi Goreng Rempah, Nasi Goreng Kencur

Pada jaman orang tua kita masih kecil, nasi pada umumnya dimasak dengan cara ditanak dengan kompor dan mereka memasak dalam porsi besar sehingga sering nasi hari ini menjadi sisa maka keesokan harinya Ibu atau Mbah akan menggorengnya dengan bumbu – bumbu khas supaya bisa dimakan kembali oleh seluruh anggota keluarga.

sayur lo

Ibu atau Mbah akan menambahkan bahan pelengkap lainnya berupa suwiran ikan laut goreng, daging ayam, telur dadar dan yang lainnya agar nasi goreng olahan mereka semakin mantap disantap tanpa lauk.

Nah, yang menjadi masalah adalah kadang – kadang kualitas nasi yang digunakan agak lembek dan sedikit basah karena sudah basi alias menginap semalam di suhu ruang dingin seperti kulkas.

Diperparah lagi dengan kegemaran buruk para Ibu dan Mbah yang  suka  mengucurkan banyak  minyak   jelantah ( minyak bekas menggoreng aneka makanan lainnya yang tak sejenis) saat menumis bumbu akan menyebabkan nasi goreng menjadi jelek. Hasilnya anda menjadi tidak doyan menikmati olahan nasi goreng karya mereka.

Itulah sebabnya, anda harus pandai memasak nasi agar menghasilkan cita rasa nasi yang kering dan pulen.

Selanjutnya dapat diolah menjadi sajian nikmat berupa nasi goreng kencur yang gurih dan menciptakan bau harum yang unik di dalam masakan anda karena kandungan minyak esensial di dalamnya telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional China yang diolah dengan cara direbus atau bubuk untuk mengobati gangguan pencernaan, masuk angin, nyeri pada dada dan perut, sakit kepala dan sakit gigi. Rendaman kencur di dalam alkohol juga berguna sebagai obat gosok untuk rematik.

Juga, kencur banyak mengandung antioksidan, anti peradangan, dan memiliki sifat analgesik atau pereda nyeri sehingga bagus dijadikan bahan mencampur masakan terutama nasi goreng. Ingin tahu cara membuatnya, simak penjelasan kami di bawah ini :

Bahan – bahan membuat nasi goreng rempah kencur adalah :

  • 1.200 gram nasi putih
  • 200 gram teri Medan, digoreng hingga matang
  • 2 buah telur didadar dan diiris tipis

Bumbu, ulek kasar atau cincang sehalus mungkin :

  • 3 buah cabai hijau besar atau 5 cabai hijau keriting
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 buah bawang bombay, atau ganti dengan 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 ruas jari kencur segar
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu lainnya :

  • 2  sendok teh garam dan penyedap rasa
  • 1 sendok teh merica putih bubuk
  • 2 sendok makan saus tiram

Cara membuat :

Siapkan bahan – bahan bumbu, anda masukkan semuanya ke dalam chopper imut dan proses hingga tercincang halus. Siapkan wajan, panaskan minyak hingga benar – benar panas.

Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang, tandanya adalah bumbu menjadi berwarna lebih gelap dan tidak pucat. Tambahkan garam, penyedap rasa, saus tiram dan merica bubuk, aduk rata dan tumis hingga harum.

Siapkan nasi putih, remas nasi perlahan hingga semua gumpalannya terurai dan nasi menjadi tercerai – berai.

Masukkan nasi ke dalam tumisan bumbu, matikan api. Aduk nasi bersama bumbu hingga semua bahan tercampur merata.

Masukkan teri Medan goreng dan aduk rata. Hidupkan api kompor, masak hingga nasi goreng menjadi matang dan panas. Cicipi rasanya, sesuaikan garamnya. Angkat.

Baca Artikel Lainnya :

Note : mematikan api kompor sejenak berfungsi untuk mencegah nasi gosong kala anda sedang mengaduknya bersama bumbu. Siapkan pan anti lengket, dadar telur tipis – tipis hingga matang. Letakkan di talenan, gulung dan rajang tipis.

Sajikan nasi goreng bersama taburan telur dadar diatasnya. Super yummy !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *