Nikmatnya Secangkir Kopi Panas Khas Pulau Dewata

Dewasa ini kopi Indonesia sedang naik daun. Di kota – kota besar seperti Denpasar Bali telah banyak berdiri kedai – kedai kopi yang mengandalkan kopi asli Indonesia.

h 111

Segelas kopi panas yang biasa anda beli di luar rumah terkadang berkesan mudah dibuat dan disajikan. Tapi ternyata masing – masing penjual dan penikmat secangkir kopi panas memiliki cerita kopi tersendiri dimana tak segampang yang anda pikirkan.

Alangkah baiknya sebelumnya, anda luangkan waktu sebentar untuk mengenal lebih jauh tentang keberadaan kopi asli Indonesia seperti halnya kopi Bali.

Meskipun demikian, tidak semua orang suka minum kopi, hal ini mungkin disebabkan karena mereka kurang pandai dalam membuat kopi sehingga menghasilkan cita rasa kopi yang kurang nikmat. Maka dari itu, kami akan berbagi tentang trik cara membuat kopi hitam agar sedap dinikmati dengan tahapan – tahapan yang jelas sebagai berikut :

Bahan membuat kopi hitam ala pulau Dewata adalah :

  • Bubuk kopi hitam Bali secukupnya sesuai dengan kekentalan yang diinginkan, disarankan 1 sdm saja
  • Gula blok sesuai dengan selera
  • Coklat bubuk 1/2 sdt saja

Cara membuat kopi hitam adalah :

  • Dua cangkir air dipanaskan dengan api sedang (jangan terlalu kecil atau jangan terlalu besar).
  • Jika air sudah panas atau mendidih dengan sempurna maka masukkan bubuk kopi hitam ke dalam air kemudian aduk rata hingga air yang mendidih menjadi hitam kemudian masukkan bubuk coklat. Aduk sekali lagi.
  • Selanjutnya anda siapkan saringan kopi dari kain halus, dan dua buah mug ukuran jumbo (pilih jenis mug dengan tampilan yang elegan agar terkesan dewasa).
  • Tuang kopi hitam panas tadi ke salah satu mug kemudian sisanya anda saring ke mug yang lainnya dengan cara diangkat tinggi – tinggi (saat melakukan penyaringan) dan lakukanlah berkali – kali sampai kopi hitam mengeluarkan busa di atas mug.
  • Siapkan cangkir dengan gula blok kemudian saring lagi kopi di dalam mug dengan kain baru untuk yang terakhir kali ke dalam cangkir gula yang sudah anda siapkan.
  • Hiasi kopi dengan grande sesuka anda.

Baca Artikel Lainnya :

Sajikan kopi selagi panas karena anda akan mendapatkan cita rasa kopi yang berbeda dengan anda membuat sendiri kopi di rumah.

Akan lebih nikmat lagi jika ditemani dengan aneka cemilan lezat seperti beragam kacang, kue kering, sus keju kering, macaroon dan aneka cemilan ringan lainnya.

Demikianlah tips praktis membuat kopi hitam nikmat dan istimewa ala pulau Dewata. Selamat mencoba, semoga mendapatkan cita rasa yang sempurna.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *