Nutrisi dan Manfaat Dibalik Kue Nastar

Ada jenis makanan yang biasanya hanya dapat ditemui di momen – momen tertentu. Misalnya ketupat dan opor ayam yang ditemukan pada momen idul fitri, kolak pisang yang hanya akan ditemukan dengan mudah di bulan ramadhan dan ada kue yang sangat identik dengan hari raya idul fitri.

Untitled

Ciri – cirinya adalah ada topping cengkeh kering di atasnya, dioles kuning telur di bagian atas kue dan isinya adalah selai nastar. Apakah dia?

Betul sekali, nastar!

Nastar adalah kue kering yang terbuat dari campuran tepung terigu dan takaran mentega serta telur yang diisi dengan selai nanas yang bisa dibuat sendiri atau menggunakan selai nanas siap pakai. Nastar berasala dari kata dalam bahasa Belanda, yaitu ananas dan taart.

Bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm. Tekstur nastar ada 2 macam, ada yang kering dan renyah, agak berminyak/basah (moist).

Tekstur tersebut ditentukan dengan proses membuat adonan dasar dan juga bahan yang digunakan.

Kue ini adalah salah satu kudapan favorit saya menjelang dan saat hari raya idul fitri tiba. Rasanya tidak puas jika hanya memakan beberapa buah.

Biasanya kue nastar disajikan di dalam toples, nah biasanyanya pula satu orang mampu menghabiskan 1 toples nastar dalam satu hari. Terbayang kan enaknya seperti apa kue nastar itu?

Selain sebagai kudapan yang enak, ternyata ada gizi tersembunyi di balik kelezatannya. Ini adalah rahasia yang belum diketahui banyak orang, mari kita intip apa saja manfaat dan nutrisi yang terkandung dalam kue nastar:

Tepung terigu yang menjadi salah satu bahan baku pembuatan nastar

Merupakan sumber karbohidrat  yang berperan penting dalam membangun energi bagi tubuh kita. Tak heran apabila kita menikmati kue kering satu ini dalam jumlah yang banyak kita akan dapat merasakan sensasi kekenyangan layaknya seusai mengkonsumsi nasi.

Walaupun sesungguhnya kandungan karbohidrat yang terkandung dalam nastar tidak sebanyak kandungan karbohidrat yang terdapat pada nasi.

Kuning Telur

Kuning telur yang merupakan bahan baku berikutnya dalam pembuatan kue kering nastar memiliki kandungan protein.

Protein sangat penting bagi tubuh terutama dalam masa pertumbuhan. Protein juga berperan penting dalam proses regenerasi sel-sel yang rusak pada tubuh.

Margarin dan mentega

Margarin dan mentega yang terkandung pada nastar memiliki kandungan karbohidrat seperti yang terkandung pada tepung terigu namun dengan kadar yang lebih rendah.

Baca Artikel lainnya :

Selain karbohidrat, margarin dan mentega juga mengandung lemak jenuh yang berfungsi sebagai penyuplai cadangan energi yang cukup besar bagi tubuh.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *