Obat Sakit Tenggorokan Yang Terbukti Ampuh

Obat Sakit Tenggorokan – Sakit tenggorokan menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan. Terlebih saat akan tidur rasa sakit ini biasanya akan lebih intens menyerang. Akibatnya bukan hanya pada kita saja, tapi dapat menggaggu orang seisi rumah.

Untitled

Agar sakit tenggorokan yang biasanya disertai dengan batuk berdahak atau berlendir ini hilang. Ada baiknya menyiapkan bahan-bahan alami yang bisa meredakan sakit tenggorokan. Bahan-bahan tersebut mudah didapat dan tentunya tanpa efek samping.

Sakit pada tenggorokan ini bisa di sebabkan karena beberapa hal. Pada umumnya terjadi karena adanya infeksi berupa munculnya bakteri atau virus. Mayoritas terjadi karena pola hidup yang kurang sehat atau terserang virus flu.

Berikut bahan-bahan yang bisa digunakan sebagai pengusir rasa sakit yang ada pada tenggorokan :

  1. Air putih

Air putih dipercaya sebagai obat paling mudah didapat untuk segala jenis penyakit, tak terkecuali sakit tenggorokan. Bahkan dunia kedokteran menyarankan setiap hari kita harus minim minimal 8 gelas atau 2 liter air putih.

Bukan tanpa alasan, tapi air putih ini mampu menyeimbangkan tubuh dan menetralisir racun yang ada dalam tubuh. Bakteri yang ada dalam tenggorokan juga bisa hilang kalau sering minum air putih.

  1. Garam

Berkumur dengan air garam tidak saja hanya bisa menyembuhkan rasa sakit pada gigi. Tapi sakit tenggorokan pun bisa diobati dengan bahan murah meriah yang bisa didapat di dapur ini.
Bila rasa sakit belum terlalu terasa maka garam ini cukup dilarutkan dengan air hangat dan digunakan untuk kumur-kumur. Namun, bila rasa sakit sudah lumayan ada baiknya meminum air hangat yang telah dicampur garam. (Jangan meminum air garam bekas kumur-kumur).

  1. Madu dan Lemon

Madu dan lemon juga dipercaya ampuh menyembuhkan rasa sakit yang ada pada tenggorokan. Wajar saja setiap obat produksi pabrik selalu menyertakan keduanya sebagai bahan pembuat obat.
Lemon diyakini mampu menyembuhkan rasa sakit pada tenggorokan. Sedang madu memiliki kandungan yang dapat membunuh bakteri jahat sehingga kolaborasi keduanya mampu menuntaskan rasa sakit pada tenggorokan.

  1. Jahe

Jahe sejak dulu digunakan sebagai ramuan (minuman) herbal kaya manfaat salah satunya menyegarkan tenggorokan. Berdasar penelitian kandungan Zingiberin yang ada pada jahe mampu membunuh racun dalam tubuh dan memperbaiki sirkulasi darah.

  1. Bawang putih

Senayawa yang ada pada bawang putih yang bernama allicin dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan. Cara menggunakannya sama seperti sebagai obat sakit gigi, cukup dengan mengunyah bawang putih hingga hancur.
Biarkan aromanya menjalar sampai ke tenggorokan dan membunuh bakteri. Setelah mengunyah bawang putih ada baiknya minum perasan jeruk lemon dengan madu .

  1. Buah belimbing

Buah belimbing yang terkenal masam bisa juga digunakan sebagai obat bila tenggorokan terasa sakit. Caranya sangat gampang, yakni hanya mengkonsumsi sesering mungkin bila tenggorokan sakit.
Tapi pastikan perut telah terisi, jangan sampai sakit tenggorokan sembuh tapi sakit beralih ke perut. Selain bisa dimakan langsung buah ini juga bisa dibuat jus tanpa gula.

  1. Daun mint

Daun mint sejak dulu telah digunakan sebagai bahan perasa dalam permen pelega tenggorokan. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai merek permen menggunakan daun mint sebagai bagian yang tak terpisahkan.

Cara alami mengobati sakit tenggorokan bisa juga menggunakan daun mint yang direndam dalam air panas. Biarkan untuk beberapa saat rasa mint tersebut pindah ke air. Kalau tidak ingin ribet bisa langsung membeli permen pelega tenggorokan rasa mint.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Obat Sakit Tenggorokan Yang Terbukti Ampuh

  1. Pingback: Cara Mencegah Terkena Diabetes Mellitus atau Kencing Manis | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *