Oleh-Oleh khas Solo yang Wajib Anda Beli

Kota Solo menjadi destinasi favorit wisatawan lokal maupun asing saat berlibur. Kota Solo terkenal sebagai kota budaya karena kebudayaannya yang masih sangat terjaga dengan baik, tidak luntur walau jaman semakin modern.  Jarak yang ditempuh untuk sampai Kota Solo adalah 571 km dari Jakarta. Anda bisa naik kereta, bis, kendaraan pribadi dan pesawat jika anda ingin ke Solo.

fu 91

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Solo tidak membeli oleh-oleh khas Solo. Berikut ini adalah oleh-oleh khas Solo yang wajib anda beli jika anda berkunjung ke Solo

1. Ampyang

Ampyang adalah jajanan khas Solo yang berbahan dasar adonan gula jawa yang dicampur kacang  tanah. Ampyang rasanya gurih, manis dan lezat. Ampyang dapat ita temukan di Pusat Oleh-oleh Khas Solo dan juga di Pasar Gede Solo. Biasanya , harganya Rp. 5000 per bungkusnya yang terdiri dari 5-7 ampyang.

2. Abon Mesran Solo

Abon Mesran Solo sama seperti abon  lainnya yang terdiri dari abon sapi maupun abon ayam. Yang membuat beda adalah bumbu khas Abon Mesran Solo, yang rasanya selain lezat juga khas.

Abon ini biasanya dijual Rp. 30.000 per kemasannya, dan dapat dijumpai di jalan Kalilarangan. Abon ini sangat enak jika di konsumsi dengan dengan nasi panas.

3. Intip Goreng Manis

Intip Goreng Manis adalah jajanan khas Solo yang mirip rengginang. Bahan dasar intip adalah kerak nasi yang diolah menggunakan gula jawa yang bercita rasa manis dan gurih. Bentuk Intip Goreng Manis khas Solo biasanya bulat seperti mangkok.

4. Surabi

Surabi adalah jajanan khas Solo yang pasti dikenal oleh orang-orang diIndonesia. Serabi adalah olahan adonan tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa dan santan. Rasa dari Serabi sendiri gurih dan kini serabi mempunyai rasa yang berbeda-beda, ada yang rasa cokelat, strawberry, nangka, durian, kelapa, dan lain sebagainya. Berbeda dengan jaman dahulu dimana serabi rasanya hanya satu macam yaitu rasa gurih dari kelapa.

Hampir disetiap sudut Kota Solo terdapat pedagang serabi, yang dijual antara Rp. 2.000 hingga Rp, 10.000 tergantung macam rasanya.

5. Roti Kecik Ganep

Roti Kecik Ganep adalah roti yang diolah menggunakan tepung ketan. Rasa Roti Kecik Ganep ini manis dan gurih, Roti Kecik Ganep bisa bertahan lama sehingga cocok sekali untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Bentuk Roti Kecik Ganep lonjong seperti jari. Roti ini rendah kolesterol sehingga aman untuk dikonsumsi sering-sering. Roti Kecik Ganep ini sangat cocok dikonsumsi dengan teh hangat saat anda sedang bersantai.

6. Sosis Solo

Sosis Solo berbeda dengan sosis yang biasa dijual di supermarket. Sosis solo adalah olahan daging ayam atau daging sapi yang diolah menggunakan bumbu-bumbu khas Solo lalu di campurkan dengan sayuran wortel dan kentang dan dibalut menggunakan telor dadar. Sosis solo sekilas mirip risol namun, untuk kulitnya hanya menggunakan telor yang sudah didadar.

Sosis Solo rasanya lezat sekali cocok di padukan dengan saus sambal.

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh tersebut yang banyak dijual di Pusat oleh-oleh di Kota Solo jika anda sedang berlibur ke Solo.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *