Omega 3 Berhak Dikonsumsi Bila Ingin Jantung Sehat

Apakah Omega 3 itu? Omega 3 sekilas terdengar seperti nama robot dari masa depan. Oh bukan, itu bukan nama robot melainkan nama dari salah satu jenis lemak tidak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

f 20

Sayangnya, tubuh tidak memiliki organ yang dapat dengan sendirinya menghasilkan omega 3 ini, sehingga kebutuhan akan omega 3 harus didapatkan melalui asupan makanan yang kaya kandungan omega 3 untuk kemudian diproses di dalam tubuh.

Ahli gizi menyatakan bahwa tubuh membutuhkan sekitar 300 mg Omega 3 per hari. Omega 3 sebagian besar dapat ditemukan pada beberapa jenis ikan seperti:

  • Ikan Salmon
  • Ikan Tuna
  • Ikan air tawar
  • Makerel
  • Hering
  • Ikan Tenggiri
  • Ikan sarden.

Selain itu, Omega 3 dapat ditemukan pula pada beberapa jenis tumbuhan seperti :

  • kacang Kenari
  • Walnuts
  • Alpukat
  • Bayam
  • Minyak Canola
  • Kacang Kedelai.

Masa pertumbuhan anak yang biasanya berlangsung cepat dan progresif akan berkembang dengan sangat baik jika ada andil asupan mega 3 di dalam setiap amakan yang dikonsumsinya. Proses kebutuhan tubuh kana omega 3 ini tidak berhenti di satu tititk, melainkan terus menerus membutuhkan asupannya sampai dengan usia dewasa dan usia lanjut.

Pada janin, Omega 3 dibutuhkan untuk membentuk sel-sel pembuluh darah dan jantung. Pada saat dewasa, Omega 3 membantu dalam menyehatkan darah dan mengatur kerja pembuluh darah serta jantung.

Dengan mengonsumsi Omega 3, tubuh akan dibantu dalam kegiatan menurunkan kandungan trigliserida dan LDL dalam darah di tubuh sehingga mengurangi penimbunan lemak darah yang tidak baik pada saluran darah yang memicu aterosklerosis dan tekanan darah tinggi. Resiko seperti stroke dan penyakit jantung pun dapat dihindari.

Baca Artikel Lainnya :

Manusia memiliki batas aman dalam hal mengkonsumsi omega 3 yaitu sampai dengan 3 gram per hari (menurut Asosiasi Jantung Amerika). Dilarang mengkonsumsi omega 3 melebihi dari batas aman tersebut kecuali sudah melalui diskusi dengan dokter yang merawat anda saat ini.

Rekomendasi dari Asosiasi Jantung Amerika adalah agar konsumsi omega 3 dilakukan dua kali dalam seminggu yang diimbangi dengan olahraga teratur seta pola hidup yang sehat.

Selamat menjalankan hidup sehat demi jantung yang sehat!

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *