Orang Yang Haram Dinikahi Menurut Pandangan Islam

Orang Yang Haram Dinikahi Menurut Pandangan Islam – Bagi orang yang sudah cukup, baik cukup umur maupun cukup materi, menikah merupakan suatu keharusan.

Hal ini untuk menghindari terjadinya hal yang tak diingin akibat adanya nafsu yang tidak bisa terkontrol yang dapat menimbulkan fitnah.  Selain itu, dengan menikah maka sempurnalah iman orang tersebut di mata Tuhan.

sert2

Akan tetapi, tidak sembarang orang bisa dinikahi. Dalam memilih pasangan juga ada aturan yang harus diperhatikan terutama oleh para lelaki yang sedang mencari pasangan hidup.

Nah, siapa sajakah orang yang haram dinikahi menurut pandangan islam? Beriktu penjelasannya.

  1. Orang yang bersuami atau beristri

Agama Islam sangat melarang menikahi laki-laki atau wanita yang sudah menikah dan masih terukat tali pernikahan dengan pasangannya yang dulu.

Walaupun kedua-duanya sudah tidak bersama dengan pasangan yang dulu, namun jika belum ada kata cerai atau talak maka mereka masih sah menjadi suami dan juga istri orang maka haram untuk dinikahi.

  1. Orang yang murtad

Orang yang murtad atau keluar agama dalam islam sangat haram untuk dinikahi. Hal ini karena orag yang murtad berarti telah menyepelekan ajaran Allah dan mereka sedang dalam ke sia-siaan. Selain itu mereka juga dilaknat oleh Allah dan mereka kelak akan menjadi penghuni neraka.

  1. Orang yang satu susuan

Orang yang menyusu kepada wanita yang sama haram untuk dinikahi. Walaupun mereka bukan saudara dan berasal dari ibu yang berbeda namun jika mereka minum dari satu susu yang sama maka haram bagi mereka untuk menikah.

  1. Mahram

Orang yang masih memiliki hubungan sedarah seperti kakak, adik, ayah, ibu, ataupun juga kakek yang dalam slam disebut dengan mahram atau muhrim adalah haram untuk dinikahi.

Hal ini karena akan merusak nasab dan juga dapat menyebabkan lahirnya keturunan yang cacat akibta adanya pertalian sedarah.

  1. Orang non islam

Bagi orang islam haram hukumnya untuk menikah dengan orang yang bukan beragama islam. Hal ini berdasarkan apa yang dijelaskan pada QS. Al Baqarah ayat 221 yang berarti :

” Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang kukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dai orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedangkan Allah mengajak ke surge dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia supaya mereka mengambil keputusan.”

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *