Otak Besar dan Otak Kecil

Mahluk bertulang belakang atau vertebrata memiliki sistem saraf pusat yang diklasifikasikan kedalam 3 jenis, yakni: sistem saraf pusat, sistem saraf otonom, dan sistem saraf perifer.

Sistem saraf pusat terdiri atas otak dan sumsum tulang belakang. Dan otak akan terbagi menjadi otak besar dan otak kecil. Berikut merupakan penjelasan masing-masing dari bagian-bagian otak berserta perbedaan-perbedaannya. Let’s see!

r 98

  1. Otak Besar

Merupakan hampir 4/5 dari berat otak manusia secara keseluruhan. Otak besar dibagi menjadi dua secara longitudinal, yaitu: otak pada belahan kiri dan otak pada belahan kanan.

Keduanya dihubungkan oleh sebuah selaput yang bernama corpus callosum yang berasal dari serabut saraf. Pada setiap bagian belahan tersebut akan dibagi menjadi empat buah lobus, yaitu lobus frontal, lobus temporal, lobus oksipital dan lobus parsial.

Yang keempat juga dihubungkan oleh masing-masing selaputnya. Lobus frontal berhubungan dengan perencanaan, bicara, penalaran, gerakan, danemosi. Lobus temporal berhubungan dengan persepsi, bicara, dan memori.

Lobus oksipitalis berhubungan dengan penglihatan. Sedangkang lobus parsial berhubungan dengan pengendalian gerakan tertentu dan orientalis.

  1. Otak Kecil

Merupakan otakmanusia yang berada tepat dibawah posterior dari otak besar. Yang merupakan bagian terbesar dari otak belakang. Walaupun hanya sebesar 10% volume otak pada manusia, akan tetapi lebih dari 50% sensor neuron berada pada otak kecil.

Permukaan otak kecil terdiri dari korteks sereber, yang merupakan bagian pusat medulla yang didalam berisi punjung vitae. Otak kecil juga sebagian orang lebih mengenal dengan istilah Cerebellum karena otak kecil mempunyai dua bagian dan permukaan yang sama seperti yang dimiliki oleh otak besar.

Dan pada otak kecil terbagi menjadi tiga lobus, yakni lobus vermis dibagian sentral, lobus lateral, dan lobus cerebellar.

Berikut dijelaskan perbedaan antara otak besar dan otak kecil, diantaranya yaitu:

  • Otak besar merupakan otak dengan bagian terbesar, sedangkan otak kecil merupakan bagian yang lebih kecil dari otak besar.

Baca Artikel Lainnya :

  • Otak besar adalah otak depan,sedangkan otak kecil adalah otak belakang.
  • Otak besar berfungsi untuk mengontrol kesadaran, kecerdasan, kehendak, dan memori, sedangkan otak kecil berfungsi untuk mengontrol keseimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *