Pakar Ekonomi, Sosial dan Politik Marxism

Pakar Ekonomi, Sosial dan Politik Marxism – Bicara mengenai pakar politik dan Ekonomi di dunia pasti tidak bisa jauh dari nama Karl Marx. Karl Marx lahir pada tanggal 5 Mei 1818 di Trier, Prussia. Karl Marx merupakan seorang filosofer, seorang jurnalis, pakar ekonomi, sosiologi, politik dan sosial kemasyarakatan yang berasal dari Prussia.karl marx

Karl Marx kemudian menjadi tidak memiliki kewarganegaraan dan menghabiskan sebagian besar waktunya dalam hidup dihabiskan di London. Karya – karya Karl Marx di dalam bidang ekonomi memberikan dasar untuk kebanyakan pengertian tenaga kerja dan kaitannya dengan kapital dan pemikiran ekonomi.

Karl Marx mempublikasikan banyak buku selama hidupnya, bukunya yang paling terkenal adalah The Comunist Manifesto yang terbit pada tahun 1848 dan Das Kapital yang terbit sejak tahun 1867 hingga tahun 1894.

Karl Marx lahir dari keluarga kelas menengah di Trier, Prussia. Karl Marx belajar di Universitas Bonn dan Berlin di mana Karl Marx menjadi tertarik di bidang gagasan filosofi dari Young Hegelians. Setelah Karl Marx menyelesaikan pendidikannya di universitas – universitas tersebut, Karl Marx menulis untuk Rheinische Zeitung yang merupakan surat kabar radikal di Cologne dan mulai mempelajari teori dari sejarah konsepsi materialis.

Karl Marx pindah ke Paris pada tahun 1843, di mana Karl Marx mulai menulis untuk surat kabar radikal lainnya dan bertemu Friedrich Engels yang mana menjadi sahabat Karl Marx dan rekan kerja samanya. Di tahun 1849, Karl Marx dipenjara dan pindah ke London bersama anak dan istrinya di mana Karl Marx tetap melanjutkan menulis dan memformulasikan teori – teorinya mengenai aktivitas social dan ekonomi. Karl Marx juga menyuarakan mengenai sosialisme dan menjadi tokoh yang signifikan di dalam International Workingmen’s Association.

Teori – teori Karl Marx mengenai masyarakat, ekonomi dan politik yang merupakan kesatuan pengertian yang mana disebut sebagai Marxism, bahwa kemajuan masyarakat melalui pertentangan kelas yang merupakan sebuah konflik antara kelas kepemilikan dan mengontrol produksi dengan kelas tenaga kerja yang menyediakan tenaga kerja untuk produksi.

Karl Marx percaya Negara dijalankan pada kepentingan kelas pemimpin dan pada kepentingannya ketika mewakili sebagai kepentingan umum semua orang, dan Karl Marx memprediksi bahwa seperti system sosioekonomi sebelumnya, kapitalisme memproduksi ketegangan internal yang akan membawanya pada kehancuran sendiri dan digantikan oleh system yang baru yaitu sosialisme.

Karl Marx memperdebatkan bahwa kelas antagonism di bawah kapitalisme antara kaum borjois dan proletariat akhirnya akan berada di kelas pekerja merebut kekuasaan politik dan selanjutnya mendirikan sebuah kemasyarakatan tanpa kelas yang disebut komunisme yang merupakan sebuah kemasyarakatan yang dipimpin oleh sebuah pemimpin tanpa persatuan.

Karl Marx secara aktif berjuang untuk implementasinya memperdebatkan bahwa kelas pekerja seharusnya membawa aksi revolusi yang terorganisir untuk menjatuhkan kapitalisme dan membawa perubahan sosial ekonomi. Karena pemikirannya tersebut Karl Marx disebut sebagai bapak dari komunisme. Karl Marx meninggal pada tanggal 14 Maret 1883 di London.

Baca juga : Benjamin Franklin, Salah Satu Ilmuwan Amerika

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *