Panduan Berkunjung ke Kota Proklamator di Blitar, Jawa Timur

Setiap tanggal 17 Agustus yang menjadi hari Kemerdekaan Indonesia, pasti nama pahlawan Proklamator Bung Karno dan Bung Hatta lah yang terlintas paling awal di pikiran kita. Menyebut nama pahlawan Proklamator, tentu tak bisa dilepaskan dari Kota Blitar. Iya, persemayaman terakhir Bung Karno memang berada di Kota Blitar dan inilah yang menjadi daya tarik utama kota tersebut.

fi 66

Namun, bagi Anda yang ingin mengunjungi kota tersebut, lebih baik sediakan waktu lebih dari 1 hari. Karena, tak hanya makam proklamator yang bisa Anda kunjungi.

Masih banyak tempat wisata lain yang sayang untuk dilewatkan. Seperti halnya tempat berikut ini:

  • Candi penataran,
  • Pantai Jolosutro,
  • Pantai Tambakrejo,
  • Penangkaran Rusa,
  • Kolam Pemandian,
  • Kampung Cokelat,
  • Agrowisata khusus tanaman Belimbing.
  • Istana Gebang.

Jika Anda belum pernah mendengar tentang tempat-tempat diatas, maka berikut ini penjelasan masing-masing tempat ini.

Candi Penataran

Merupakan candi Hindu Peninggalan sejak dari kerajaan Kadiri sampai kerajaan Majapahit yang dulunya digunakan untuk sebagai tempat menyepi para raja. Termasuk menjadi tempat para raja tersebut bersemedi untuk meminta kepada Pencipta agar rakyat terhindar dari akibat letusan gunung tersebut. Berada di Kecamatan Nglegok, Blitar dan hanya berjarak sekitar 20 menit dari makam Bung Karno.

Pantai Jolosutro

Merupakan salah satu pantai di daerah selatan pulau Jawa, memiliki ombak yang lumayan besar dan dengan pasir berwarna hitam. Arahnya adalah ke selatan dari pusat kota dan berjarak sekitar 45 menit. Untuk mencapai kesana Anda akan dimanjakan oleh pemandangan perbukitan yang hijau sehingga membuat pikiran kembali rileks.

Pantai tambakrejo

Sama-sama berjarak sekitar 45 sampai 50 menit dari arah kota dan ke arah selatan, pantai ini memiliki arah yang sedikit berlawanan dengan Pantai Jolosutro. Jika Jolosutro arahnya adalah selatan ke timur atau ke arah kota malang, maka Pantai tambakrejo berarah ke selatan barat atau ke arah Kabupaten Tulungagung.

Disini terdapat tempat dan pasar pelelangan ikan. Sehingga akan sangat menyenangkan jika dikunjungi bersama keluarga dan makan bersama di bibir pantai. Karena pasirnya putih bersih. Agak naik sedikit sekitar 10 menit ada pantai Gondomayit yang tak kalah indahnya.

Penangkaran Rusa

Berada di kecamatan Ponggok, sekitar 40 menit ke arah timur dari kota Blitar. Ada sekitar 200-an ekor Rusa Maliran yang dapat Anda temui. Dengan suasana yang masih asri dan membayar sekitar 2 ribu rupiah tentu menjadi destinasi yang sayang ditinggalkan bukan?

Kampung Cokelat

Bisa dikatakan ini adalah destinasi baru yang sedang trend di daerah Blitar dan sekitarnya. Berlokasi di jalan yang berarah ke pantai Tambakrejo, segala yang berkaitan dengan cokelat bisa Anda temui disini. Mulai dari perkebunannya, cara memasak sampai makanan khas dengan bahan baku cokelat.

Baca Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *