Panduan Budidaya Jeruk Nipis dengan Pot

Panduan Budidaya Jeruk Nipis dengan Pot – Jeruk nipis ialah salah satu hasil tanaman yang kaya akan manfaat besarnya. Atas khasiat besar yang dimilikinya ini, kebutuhan akan jeruk nipis senantiasa ada, bahkan terus bertambah. Untuk mencukupi serta memanfaatkan peluang ini, Anda bisa melakukan budidaya tanaman jeruk nipis.

vps

Pada proses budidaya suatu tanaman, tak perlu khawatir karena proses ini tak selalu membutuhkan lahan yang sangat luas. Hal ini dikarenakan adanya metode yang disebut dengan tabulampot yang dikenal dengan nama lain tanaman buah di dalam pot. Sehingga, lahan tersebut bisa digantikan oleh media pot ini pada ukuran yang relative kecil.

Sebagai salah satu alasan yang penting akan pemilihan tabulampot jeruk nipis ini ialah karena proses perawatannya yang relative mudah. Serta dapat menghasilkan jumlah buah yang banyak, bahkan pada nilai jual yang seimbang. Sehingga, bisa mendapatkan keuntungan besar pada proses perawatan yang mudah atas jenis tanaman jeruk nipis ini.

Untuk memulai tabulampot jeruk ini, Anda bisa melakukannya dengan mudah, yaitu dengan beberapa langkah-langkah praktis berikut ini:

  • Memilih bibit dari hasil stek atau cangkok, bukan yang berasal dari biji. Karena dengan bibit ovulasi ini jauh lebih mudah menghasilkan buah serta memiliki daya tahan yang bagus dari serangan hama dan penyakit.
  • Mempersiapkan media pot sebagai media utama, bentuknya ini pun bisa berbahan bebas mulai dari pot plastik, pot semen dan sebagainya. Sedangkan untuk ukurannya ini, bisa disesuaikan lagi, yaitu sekitar 50 sampai 60 cm. Ukuran yang besar ini akan mempermudahkan saat tanaman bertambah besar. Sehingga tidak perlu melakukan pemindahan tempat.
  • Pot yang digunakan harus memiliki lubang pada bagian dasarnya, serta memiliki alas sebagai celah untuk melakukan proses aerasi.
  • Komposisi untuk media pot tersebut bisa berupa tanah, arang sekam dan pupuk humus dari bambu. Perbandingannya ialah seimbang yaitu 1:1:1.

Apabila semua persiapan itu telah siap, maka bibit dari jeruk nipis siap untuk ditanamkan. Pada proses ini, terdapat beberapa proses yang harus diketahui, yaitu:

  • Letakkan pot pada alas yang menggunakan batu bata, namun dapat menutupi lubang yang ada di dalam pot.
  • Tuangkan semua komponen media tanah sampai setengah dari pot, kemudian tanamkan jeruk nipis itu.
  • Tutup kembali dengan tanah hingga pot penuh.
  • Berikanlah penyiraman dalam jumlah yang cukup, tak berlebihan.
  • Peletakan satu pot dengan yang lain ada jarak sekitar 2 meter.

Setelah semua langkah itu telah siap, langkah berikutnya ialah pada fase perawatan. Dimana pada fase ini semua harus lebih teliti, termasuk dari perawatan rutin hingga pencegahan dari serangan hama dan penyakit. Yaitu pada perawatan akan kebutuhan sinar matahari yang cukup, tapi juga tidak terlalu panas. Serta pada penyiraman yang dilakukan sehari dua kali dan pemupukan dua kali dalam satu minggu. Akan lebih baik bila menggunakan pupuk alami atau kompos.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *