Panduan Budidaya Sawo dengan Pot

Panduan Budidaya Sawo dengan Pot – Tanaman buah di dalam pot atau yang disebut dengan istilah tabulampot ini merupakan salah satu metode terbaru dalam dunia budidaya tanaman buah. Dimana, pada strategi tersebut, ragam buah bisa ditanamkan pada sebuah pot tanpa harus menggunakan lahan dengan ukuran yang luas. Untuk itu, cara yang satu ini juga telah banyak diterapkan serta menghasilkan buah dalam jumlah yang besar.

1

Salah satu jenis tanaman yang bisa diterapkan dengan metode tabulampot ini adalah sawo. Tanaman yang satu ini memiliki beberapa jenis serta mudah untuk menghasilkan buah. Bahkan, proses perawatannya yang relative mudah pula.

Sebelum melakukan budidaya tabulampot untuk tanaman sawo ini, terdapat beberapa strategi yang perlu diketahui, yaitu:

  • Pemilihan bibit sawo dari stek, karena lebih cepat berbuah daripada yang dari biji.
  • Pemilihan pot setidaknya cukup kuat dan memiliki diameter seluas 40 cm.
  • Media tanah yang digunakan ialah tanah subur, pupuk kandang dan pasir, atau dengan perbandingan 2:1:1, atau pada pupuk kandang, serbuk gergaji dan campuran tanah yang memiliki perbandingan 1:1:1.
  • Bagian bwah dari pot diberikan lubang serta ditutupi pecahan genting agar proses penanaman sawo dapat lebih mudah.

Penyiraman dan pemupukan

Setelah tahap tersebut selesai, Anda bisa melanjutkan dengan pemberian air selama sehari dua kali serta pada pemupukan yang dilakukan secara bertahap. Pada jenis pupuk yang digunakan, bisa memilih pupuk kandang yang lebih alami. Tetapi, bisa pula dengan menggunakan pupuk kimia. Akan tetapi, pada penggunaan pupuk tersebut, sebaiknya dalam aturan agar tidak menjadikan tanaman yang terkontaminasi oleh zat-zat kimia.

Cara mengatasi beberapa masalah pada tabulampot sawo

Selama proses penanaman tabulampot sawo ini, seringkali dijumpai adanya beberapa masalah seperti sawo yang tak dapat tumbuh dan berbuah sekalipun masa itu seharusnya telah tiba. Pada masalah ini, diperlukan tindakan untuk memangkas beberapa titik yang nantinya akan menumbuhkan calon bunga untuk berbuah menjadi sawo. Bilamana buah telah muncul, sebaiknya tutup dengan kertas ataupun plastik berwarna gelap. Tujuannya ialah untuk menghindari serangan dari hama dan penyakit lainnya.

Perawatan dan perlindungan yang efektif

Sebenarnya, bentuk perawatan sekaligus perlindungan untuk tabulampot sawo ini, bisa dilakukan lebih mudah. Bahkan lebih keseluruhan dari akar sampai ujung daun, yaitu menggunakan kelambu. Pada perlindungan ini, tanaman sawo seperti terbungkus namun tetap mendapatkan pencahayaan dari sinar matahari.

Akan tetapi, perlindungan ini jauh lebih optimal, karena melindungi secara keseluruhan. Bahkan, dengan rumah pelindung tersebut, proses penanaman serta perawatan tanaman sawo lebih maksimal. Bisa pula lebih menghasilkan buah dengan cepat, terlebih di musim penghujan. Yang mana pada musim tersebut, sawo akan senantiasa berbuah dan terus berbuah lagi pada hasil yang melimpah.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Panduan Budidaya Sawo dengan Pot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *