Panduan Merawat Aki Sepeda Motor

Aki merupakan salah satu komponen utama pada kendaraan bermotor. Aki memiliki fungsi sebagai starter motor, head lamp, lampu sein, dan lampu indikator lainnya agar dapat dinyalakan.

s 125

Aki memiliki 2 tipe yaitu :

  • Aki Basah

Aki ini memliki cairan asam sulfat di dalamnya. Aki ini memerlukan perawatan secara berkala karena harus menjaga cairannya di atas garis minimum aki agar motor bekerja optimal dan aki tidak gampang rusak.

  • Aki Kering

Aki ini mengandung gel di dalamnya sebagai ganti cairan elektrolit. Aki jenis ini tidak memerlukan perawatan sesulit perawatan pada aki basah dan aki ini tahan lama tidak mudah rusak.

Setelah mengetahui jenis – jenis aki, selanjutya akan dijelaskan bagaimana sih merawat aki sepeda motor. So check this out

  • Aksesoris Motor

Jangan gunakan aksesoris motor yang berlebihan apalagi yang menggunakan energi listrik seperti menambah lampu – lampu sebagai hiasan, perangkat radio rakitan, dan mengubah tipe klakson motor yang melebihi ambang batas yang dianjurkan karena dapat membuat aki cepat rusak dan berumur pendek.

  • Gunakan Starter Manual

Gunakan starter manual karena starter elektrik menggunakan aki sebagai sumber dayanya. Jadi kalau ingin memperpanjang umur aki gunakan starter manual.

  • Panaskan Motor 15 Menit Sehari

Panaskan motor 15 menit setiap harinya hal ini berguna agar sel – sel di dalam aki tidak mati atau kering. Ingat gunakan starter manual jangan menggunakan starter elektrik.

  • Komponen Kelistrikan

Saat ingin memtikan motor hendaknya komponen kelistrikkan seperti head lamp dan lampu sein ikut dimatikan juga agar tidak menambah beban aki saat dinyalakan dan kestabilan motor tidak terganggu.

  • Periksa Cairan Aki

Periksa secara rutin cairan di dalam aki apakah melebihi atau kurang dari batas yang ditentukan. Usahakan tidak melebihi batas maksimum dan minimum. Jika cairan aki hampir di batas minimum, isilah aki dengan air suling.

  • Kondisi Kiprok

Kiprok bertugas sebagai penyuplai aliran listrik ke dalam aki saat pengisian. Kiprok rusak dan harus segera ganti ditandai dengan redup atau tidak stabilnya lampu motor saat dinyalakan.

Baca Artikel Lainnya :

  • Kebocoran Aki

Jika aki mengalami kebocoran segeralah beli baru karena aki mengandng zat beracun dan mudah meledak.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *