Panduan Mudah budidaya tanaman nilam

Jokowarino.id – Tanaman nilam merupakan jenis semak tropis dengan batang pohon mencapai 1meter dan  salah satu penghasilkan minyak  atsiri, dalam pasar internasional minyak nilam di kenal dengan nama patchouli sebab minyak nilam proses penyulingnya dari daun.

Fakta nya harga minyak nilam diperdangan internasinal mempunyai harga jual yang cukup tinggi di bandingkan dengan minyak atsiri yang lain. Di Indonesia sendiri sangat jarang yang membudidayakan tanaman nilam ini, sebab tanaman nilam ini sangat sensitive sekali jika terkena sinar matahari langsung dan akan capat mudah layu jika kekurangan air, tanaman nilam dapat tumbuh dengan baik pada linkungan yang lembab, teduh dan hangat. Ciri khas tanaman nilam adalah bunganya memancarkan bau yang kuat dan wangi,  bijinya kecil, biasanya dalam proses perbanyaknya menggunakan system vegetative.

Minyak nilam masih dalam golongan minyak atsiri dengan komponen utamanya adalah patchouli. Minyak nilam yang mempunyai nilai ekonomis tinggi pada umumnya mempunyai kadar PA diatas 30% dan mempunyai warna yang jernih dan kuning, karena aroma dari minyak nilam yang kuat, minyakn ini banyak dimanfaatkan untuk industry parfum, diperkirakan sepertiga dari produk parfum dunia menggunakan minyak ini separuhnya adalah parfum pria.

Menurut orang eropa minyak nilam ini mempunyai aroma yang menenangkan. Setelah kita tahu keunggulan tentang minyak nilam ini apakah anda tertarik untuk membudidayakan tanaman nilam? Berikut adalah panduan mudah budidaya tanaman nilam yang mungkin dapat berguna untuk refrensi  anda:

Persiapan Lahan

Pembudidayaan tanaman nilam, dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang mempunyai banyak  humus, gembur, subur dan intensitas cahaya matahari yang cukup. Setelah dikira menemukan lahan yang cocok, kemudian bersihkan lahan dari rumput atau semak belukar. Setelah lahan bersih, lahan di cangkul dan dibuat parit-parit dengan lebar 40 cm dengan kedalaman 50 cm. tanah yang ada di olah dan dicampur dengan pupuk.

Dalam pembudidayaan pembibitan tanaman nilam harus di perhatikan dengan baik agar bibit dapat di budidayakan dengan hasil yang bagus. Caranya  dengan proses stek dari batang atau cabang dari pohon nilam dan panjang bibit yang bagus antara 15 sampai 20 cmdengan mata tunas. Bibit stek di tanam dengan kemiringan 45 derajat dan dengan jarak tanam 10×10 cm. beri alang alang di atasnna untuk naungan. Bibit siap di pindahkan dalam 4 minggu.

Dalam pembudidayaan tanaman nilam, proses penanaman ideal adalah dengan jarak  1m x 1m pada tanah lembab,  75×75 cm pada tanah liat, 10x100cm pada tanah lipatit, 50x100cm untuk tanah yang berbukit dengan mengikuti kontur tanahnnya. Dan yang harus di perhatikan jika akarnya sudah terlalu panjang bisa di potong sedikit. Idealnya dalam satu lubang tanam di beri 2 sampai 3 bibit tanaman nilam.

Perawatan Hingga Panen

Dalam pembudidayaan tanaman nilam, Perawatan tanaman nilam perlu di lakukan, diantaranya penyulaman tanaman, penyiangan tanaman dapat di lakukan jika pohon sudah tumbuh 30-40cm dan selanjutnya dapat di lakukan setiap 3 bulan.

Kesehatan tanaman hendaknya diperhatikan sampai panen tiba agar kulitas tanaman nilam menjadi hasil yang terbaik.

Nah itulah panduan mudah budidaya tanaman nilam yang mungkin akan berguna bagi anda yang ingin mencoba menanam tanaman ini. Anda dapat mencobanya di kebun atau pekarangan rumah yang tidak terpakai. Terima kasih.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *