Panduan Singkat Budidaya Lobster Air Tawar

Panduan Singkat Budidaya Lobster Air Tawar – Lobster air tawar merupakan hewan yang bisa dijadikan sebagai hiasan aquarium atau sebagai seafood yang dikonsumsi untuk berbagai macam menu yang menggugah selera. Karena kebutuhan akan lobster air tawar sangatlah pesat, otomatis budidaya lobster sangatlah menjanjikan dan dapat menjadi prospek usaha yang menguntungkan jika dibandingkan dengan jenis hewan air tawar lainnya. Peluang bisnis yang terbuka lebar akan terasa semakin menguntungkan apabila anda sanggup mengelola budidaya lobster air tawar secara maksimal dengan cara yang benar.

a

Syarat hidup lobster air tawar

Sebelum terjun ke bisnis budidaya lobster air tawar, anda harus tahu apa saja syarat-syarat penting yang mendukung kebutuhan hidup lobster air tawar, antara lain:

  • Parameter air cukup lebar.
  • Jumlah oksigen terlarut di atas 4 ppm.
  • Suhu air sekitar 25 sampai 29 derajat Celsius, namun sanggup hidup dengan suhu yang sangat dingin sampai dengan suhu yang panas mencapai 35 derajat Celsius.
  • Tingkat keasaman air idealnya sekitar 7-9 pH.
  • Kandungan kapur sedang sampai tinggi agar kadar kalsium teratur tetap tinggi dan membentuk cangkang lobster air tawar yang kuat.

Memilih indukan lobster air tawar

Lobster yang digunakan sebagai indukan dalam proses budidaya lobster air tawar adalah indukan yang berkualitas dan lolos seleksi sesuai standar yang ditentukan. Indukan lobster air tawar yang berkualitas akan membuat bibit yang dihasilkan benar-benar berkualitas. Selain itu, laju pertumbuhan budidaya lobster air tawar akan semakin cepat dan hasilnya sehat sempurna. Biasanya indukan yang berkualitas bisa anda peroleh dari panti induk atau membuat proses pembesaran calon indukan lobster air tawar sendiri.

Perawatan dan pemberian pakan lobster air tawar

Memberi makan lobster air tawar dapat dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi dan juga sore hari. Di pagi hari, anda bisa memberikan pakan sekitar 30% dari asupan harian lobster air tawar dan sekitar 70% di sore hari untuk melengkapi nutrisi yang diperlukan. Pakan lobster air tawar sendiri merupakan butiran pellet yang bisa tenggelam dalam air. Selain itu, anda juga dapat memberikan pakan berupa kacang-kacangan, sayur atau umbi-umbian yang dimasak terlebih dahulu supaya mudah diserap oleh lobster air tawar.

Selain mengutamakan beberapa hal tersebut, anda juga harus tahu bahwa ketersediaan oksigen dalam tempat tinggal lobster hingga kualitas air perlu diperhatikan secara maksimal supaya lobster air tawar dapat hidup dengan sehat dan bebas penyakit atau gangguan lainnya. Tempat persembunyian, proses pergantian kulit dan penetasan hingga proses panen juga tidak kalah penting untuk diperhatikan sehingga proses budidaya dapat menghasilkan potensi dan peluang usaha yang maksimal. Jika semua berjalan dengan baik dan lancar, otomatis profit usaha yang anda peroleh akan sangat menjanjikan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *