Panduan teknis budidaya buah naga yang menghasilkan

134Panduan teknis budidaya buah naga yang menghasilkan – Bagi telinga masyarakat di Indonesia buah naga merupakan nama yang sudah tidak asing lagi. Buah yang memiliki ciri khas bentuk kulit berlapis, berwarna merah, dan memiliki daging buah yang lezat ini merupakan salah satu favorit bagi orang Indonesia. Budidaya buah naga sendiri sudah banyak dilakukan oleh beberapa orang yang merasa bahwa buah ini dapat membawa keberuntungan, terutama dari segi finansial. Di Indonesia buah budidaya buah naga secara organik dapat menghasilkan buah yang lebih berkualitas. Keuntungan dengan melekukan budidaya buah naga secara organik dapat dilihat dari kualitas buah yang lebih baik dan sehat, serta buah yang dihasilkan tidak memiliki residu bahan kimia yang akan berbahaya bagi tubuh manusia serta lingkungan sekitar. Dengan demikian pencemaran terhadap lingkungan baik itu tanah, air maupun udara akibat paparan dari pestisida dapat dikurangi.

Penggunaan bahan organik sendiri dapat mengembalikan kesuburan dari tanah, sehingga proses budidaya pertanian dapat dilakukan secara berkelanjutan. Bagaimana cara untuk membudidayakan buah naga? Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk membudidayakan buah naga.

SYARAT TUMBUH BUAH NAGA

Syarat tumbuh dari buah naga tidak jauh berbeda dengan syarat tumbuh dari kaktus atau tumbuhan dari daerah gurun pasir yang lain. Karena merupakan salah satu dari tanaman padang pasir yang memiliki iklim kering dan panas maka buah naga umumnya tumbuh lebih baik di dataran rendah hingga dataran menengah di Indonesia.

  • Buah naga dengan spesies Hylocereus undatus, yaitu spesies buah naga yang memiliki daging putih, jenis ini tumbuh baik pada ketinggian kurang dari 300 mdpl.
  • Buah naga dengan spesies Hylocereus costaricensis, adalah spesies buah naga yang memiliki daging super merah, jenis ini tumbuh baik pada ketinggian 0-100mdpl.
  • Buah naga dengan spesies Selenicereus megalanthus, adalah spesies buah naga dengan kulit kuning dengan daging putih tanpa sisik (polos), jenis ini tumbuh baik pada daerah dingin yang memiliki ketinggian lebih dari 800 mdpl.

Buah naga lebih menyukai untuk tumbuh di daerah yang memiliki iklim kering, oleh karena itu daerah yang memiliki curah hujan yang rendah akan lebih baik untuk tempat membudidayakan buah ini. Tanaman ini akan dapat tumbuh didaerah dengan curah hujan 720 mm/tahun. Untuk kondisi tanah yang lebih baik untuk membudidayakan buah naga adalah tanah gembur yang memiliki kandungan bahan organik serta unsur hara yang tinggi.

PERSIAPAN TEKNIS BUDIDAYA BUAH NAGA

Pemilihan lokasi untuk membudidayakan tanaman buah naga ini juga harus diperhatikan, pilihlah lokasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dari buah naga.

TEKNIK BUDIDAYA BUAH NAGA

Ada beberapa aspek yang harus dilakukan dalam persiapan untuk membudidayakan buah naga ini, beberapa aspek ini nantinya akan terkait dengan hasil panen serta pertumbuhan dari buah naga ini. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu diperhatikan.

  1. Persiapan lahan untuk membudidayakan buah naga
  2. Melakukan pembersihan lahan dari gulma serta tanaman tanaman yang mungkin akan menghambat pertumbuhan buah naga
  3. Pengolahan lahan serta pemupukan dasar untuk tanaman buah naga
  4. Persiapan serta pengambilan bibit tanaman buah naga
  5. Penanaman buah naga sesuai dengan prosedur agar mendapat hasil sesuai dengan harapan
  6. Pemeliharaan tanaman buah naga dari serangan hama dan gulma
  7. Pengairan tanaman buah naga
  8. Penyulaman tanaman buah naga
  9. Pengikatan batang atau cabang buah naga
  10. Pemupukan
  11. Pemangkasan tanaman buah naga
  12. Seleksi pada buah dan bunga
  13. Sanitasi dari kebun
  14. Pemanenan dengan cara yang benar serta proses pengepakkan

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *