Panduan umum budidaya tanaman vanili

Panduan umum budidaya tanaman panili – Vanili merupakan tanaman yang dapat menghasilkan bubuk panili yang sangat bermanfaat atau sering di gunakan untuk di jadikan pengharum makanan. Bubuk vanili di hasil dari buahnya yang berbentuk polong.

1

Bagi saudara yang ingin membudidayakan tanaman vanili ini mungkin dapat membaca ulasan saya sampai akhir, kenapa harus membudidayakan vanili? Apa manfaatnya? Pertanyaan yang bagus, asal anda ketahui harga vanili saat ini sudah mencapai 3 juta/kg nya. Bukankah ini merupakan prospek usaha yang bagus hanya dengan budidaya tanaman vanili.

Sebenarnya cara atau teknik membudidayakan vanili sama saja dengan cara membudidayakan tanaman lainnya, yang umumnya di lakukan dengan pemilihan bibit yang unggul, persiapan media/lahan tanam, pemupukan hingga sampai masa panen. Selain lahan kebun atau pekarangan anda juga dapat menggunakan media tanam seperti polybag atau pot untuk hasil yang lebih maksimal. Yang mana dengan media tanam polybag atau pot, anda dapat menaruhnya pada halaman depan rumah. Berikut adalah panduan umum budidaya tanaman vanili yang dapat anda simak:

PERSIAPAN DALAM MENANAM VANILI.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, apa saja yang harus di persiapkan dalam menanam vanili? Untuk dapat tumbuh secara maksimal media tanam vanili harus organic dan alami, sebab vanili sifat hidupnya seperti anggrek yang mana hidupnya epifit. Cara menanam dengan bahan organic memerlukan bahan-bahan tertentu.

contohnya: cincangan sbut kelapa, sekam, serbuk gergaji dan pupuk agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Dan untuk pupuk yang di gunakan dalam menanam tanaman vanili adalah pupuk kandang dan pupuk kompos yang mana akan lebih baik dari pada menggunakan pupuk kimia seperti urea atau pupuk kimia yang lain.

MEDIA TANAM VANILI.

Dalam memilih media tanam untuk tanaman vanili adalah menggunakan bahan yang tidak mudah hancur, misalnya adalah serat dari serabut kelapa. Yang harus di perhatikan adalah kadar antara pupuk dan bahan tersebut haruslah seimbang atau sama yaitu (50:50).

Hal ini bermanfaat untuk unsure penanaman yang di butuhkan tercukupi. Selain itu bahan penanaman yang baik juga dapat menjadikan tanaman tidak mudah hancur. Jagalah media tanam tetap porous dan mendapatkan kadar oksigen yang cukup. Sebelum menanam vanili anda juga dapat menyiapkan dulu bibit/benih yang berupa sulur (batang) tanaman yang sehat dan berkualitas.

PENANAMAN BENIH VANILI.

Setelah mendapatkan batang sulur yang sehat, dapat di pastikan hasil buah yang dihasilkan juga berkualitas. Panjang dari sulur ini yang sangat ideal kira-kira adalah 1 m, atau 7 ruas/7 daun. Sulur yang bagus ini dapat anda peroleh saat pertengahan musim penghujan.

Lalu potong-potong sulur ini menjadi 2 ruas dan daun pada ruas bagian bawah harus di buang, agar proses pertumbuhannya semakin cepat sulur yang sudah anda potong tadi di layukan dahulu dengan menjemurnya sebentar pada hamparan tempat yang sejuk., dan setelah sulur kering anda dapat merendamnya pada larutan dekamon selama setengah jam.

MASALAH DAN PENYAKIT TANAMAN VANILI.

Dalam tempo 3 bulan sulur akan tumbuh sepanjang 40-50 cm yang mana nantinya ini akan menjadi bakal dari pohon vanili. Penyemprotan pupuk dapat di lakukan dengan teratur sesuai kebutuhan tanaman dengan waktu penyemprotan pagi sebelum jam 9, dan sore setelah jam 4. Pada umumnya penyakit yang menyerang tanaman vanili adalah cendawan atau bakteri. Untuk itu anda harus selalu waspada dengan penyakit tanaman vanili ini, jika ada indikasi gejala, langsung saja semprot dengan fungisida.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *