Pantai Siung : The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta

Pantai Siung : The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta – Gunung Kidul merupakan salah satu bagian karisidenan Jogja, Inonesia yang terkenal dengan kawasan pantai yang tersedia.

Untitled

Salah satu pantai di Gunung Kidul yang banyak menyimpan potensi alam yang luar biasa adalah Pantai Siung. Walaupun pantai ini tidak se-terkenal pantai Baron di kalangan para wisatawan tetapi bagi para petualang dan pecinta panjat tebing, pantai ini adalah tempat yang wajib dikunjungi.

Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus dan berjarak sekitar 100 kilometer dari kota Yogyakarta ini tak hanya menawarkan pesona pemandangan laut yang menarik tetapi juga tempat climbing yang cukup menantang.

Banyak Komunitas MAPALA dan forum pemanjat tebing dari dalam atau luar negeri yang telah berkunjung ke tempat ini untuk mencoba menaklukkan tebing ataupun untuk kegiatan lain seperti diklat.

Pantai ini memang cukup luas untuk melakukan berbagai macam kegiatan seperti bermain pasir dan ombak, memancing dan bahkan bermain voli pantai. Kondisi pantai Siung memang belum terlalu ramai dan cenderung sepi sehingga sangat nyaman dan tenang bagi Anda yang ingin berlibur disini.

Salah satu pesona yang menonjol dari pantai Siung adalah batu karang berukuran raksasa yang terletak di sebelah timur dan barat yang memiliki peran penting yakni selain memperindah pemandangan dan sebagai pembatas dengan pantai lain, karang tersebut juga menjadi dasar penamaan pantai ini.

Batu karang tersebut terletak agak menjorok ke laut dan menurut Wastoyo, seorang sesepuh di tempat ini, penamaan pantai Siung ini diambil dari bentuk batu karang tersebut yang menyerupai gigi kera atau Siung Wanara.

Sampai sekarang batu tersebut masih bisa dinikmati keindahannya yang berpadu dengan gempuran ombak yang selalu menerpa sehingga menyajikan pemandangan yang dramatis.

Keindahan batu karang tersebut mulai berperan sekitar tahun 1989 yang kedatangan komunitas pecinta alam dari Jepang untuk memanfaatkan tebing karang tesebut sebagai arena Wall Climbing.

Untuk memspercepat berkembangnya obyek wisata pantai ini khususnya untuk panjat tebing, pada tahun 2005 Pemda DIY meresmikan kawasan panjat tebing di tempat ini. Para wisatawan pun mulai berdatangan dan semakin terkenal setelah kawasan ini digunakan sebagai lokasi Asean Climbing Gathering 2005 yang diikuti oleh 6 negara yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Perancis dan Jerman.

Banyak orang yang menyebut pantai Siung sebagai the best rock climbing site in Yogyakarta karena dikawasan panjat tebing ini terdapat sekitar 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan dan karakteristik yang berbeda-beda.

Diantara tebing yang ada tersebut terdapat tanah lapang di atas tebing yang dapat digunakan untuk tempat berkemah dan membuat api unggun. Dari ketinggian tersebut anda dapat melihat pantai Siung secara utuh keseluruhan yang pastinya sangat menakjubkan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *