Pantai Terindah di Jawa Pantai Papuma

Jember merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Timur. Jika dibandingkan dengan kota seperti Surabaya dan Malang, jember memang kurang terkenal. Namun siapa sangka jika kota kecil yang satu ini mempunyai pantai yang begitu eksotik yang bisa Anda kunjungi. Salah satu pantai yang begitu terkenal belakangan ini di Jember ialah Papuma.

fi 41

Pantai Papuma juga sering sekali di sebut dengan Pantai Putih Malikan. Hingga sekarang ini Papuma sering sekali dijadikan sebagai salah satu tujuan wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya.

Lokasi

Pantai Papuma mempunyai lokasi di Desa Lojejer, Wuluhan, Jember. Jarak dengan pusat kota sekitar 45 km.

Akses

Agar dapat mengakses pantai ini Anda bisa terlebih dahulu tiba di Surabaya. Untuk Anda berada di luar Jawa Timur, Anda bisa menggunakan kereta api atau pun pesawat terbang. Jika Anda pergi secara beramai-ramai bersama dengan teman, disarankan untuk menyewa mobil yang berasal dari Surabaya. Pantai Papuma tidak dapat diakses dengan transportasi umum. Jika menyewa mobil, mobil Anda harus mempunyai performa yang bagus, karena jalan menuju pantai begitu curam.

Fasilitas

Perjalanan jika di tempuh dari Jember memang lama, dapat memakan waktu hingga berjam-jam. Sangat di sarankan untuk Anda menginap semalam di sekitar pantai. Pihak pengelola sudah menyediakan hotel atau penginapan. Harga penginapan ini 150 ribu hingga 500 ribu.

Untuk hotel yang menggunakan fasilitas lengkap harga di patok mulai 70 ribu hingga 100 ribu. Fasilitas pengelola seperti kamar mandi, mushola, serta warung makan yang mempunyai menu seperti seafood.

Retribusi

Harga tiket ke Pantai Papuma begitu murah serta dapat terjangkau untuk semua kalangan. Harga tiket di Pantai Papuma sudah di tetapkan sesuai dengan surat administrator yakni Rp 5000, untuk hari libur Rp 7000. Sedangkan kendaraan yang masuk ke area pantai biaya Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan roda 4 Rp 6000.

Mitos Pantai Papuma

Di balik keindahan pantai ini ternyata menyimpan cerita mistis yang sekarang masih dipercaya, seperti:

  • Ombak pantai ini sering sekali memakan korban. Pantai Papuma mempunyai gulungan ombak yang sangat besar serta ganas, banyak sekali wisatawan yang sudah hanyut tertelan ganasnya ombak,
  • Batu Malikan. Salah satu batu raksasa yang ada di pantai ini dipercaya tempat raden Mursada memancing. Di atas batu inilah Raden Mursada tidak sengaja memancing ikan yang ajaib.

Eksotisnya Pantai Papuma

Sebelum Anda menginjakkan kaki di Pantai Papuma, Anda akan di sambut dengan hutan yang sangat lebat. Di kalangan masyarakat luas, pantai ini mempunyai pemandangan yang begitu indah dengan perpaduan pasir putih dan juga batu karang yang menyebar ke tepi pantai. Jadi, jangan lewatkan untuk mengunjungi pantai satu ini.

Baca Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *