Pare : Si Pahit yang Kaya Manfaat

Pare : Si Pahit yang Kaya Manfaat – Pare memiliki nama latin Momordica charantia L dan berasal dari kawasan Asia (tropis). Pare atau orang biasa menyebut dengan paria merupakan sayuran atau buah yang memiliki rasa pahit. Tanaman pare merambat, buah pare mirip dengan buah timun tetapi bagian luar dari buah pare teksturnya keriput. Walaupun rasanya pahit tetapi pare mempunyai banyak manfaat dan khasiat.

a1

Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam 100 gram buah pare mengandung protein (1,1 gram), kalori (29,00 kal), karbohidrat (6,6 gram), lemak (0,3 gram), vitamin A (180,00 SI), vitamin B (0,68 miligram), fosfor (64 miligram), vitamin C (52,0 miligram), zat besi (1,4 miligram), kalsium (45 miligram) serta air (91,20 gram). Selain itu kandungan lain yang ada pada tanaman pare antara lain:

  • pada buahnya mengandung albimioid, zat warna dan karbohidrat. Biasanya buah pare yang muda bermanfaat untuk mengobati penyakit malaria, gangguan pencernaaan, diabetes, bronchitis serta penyakit kuning.
  • Daun Pare mengandung minyak lemak, protein, zat pahit, kalsium, vitamin A, asam dammar, vitamin B1, vitamin C, minyak lemak, fosfor, besi yang bermanfaat untuk kecantikan yaitu mencegah munculnya noda hitam dan kerutan pada wajah karena adanya paparan ultraviolet.
  • Akar pare mengandung asam aleonolat dan asam momordial yang bermanfaat untuk mengobati penyakit wasir dan disentri.
  • Biji pare mengandung asam momordial, saponin, triterprenoid dan alkaloid. Selain itu juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah atau menghambat sel kanker serta penuaan dini.

Khasiat dari buah pare adalah:

Mencegah diabetes

Buah pare mengandung antidiabetes yang dipercaya dapat menekan penyakit diabet. Selain itu buah pare mengandungg bioaktif yang mampu mencegah peningkatan kadar gula dalam darah dalam tubuh setelah makan.

Menghambat petumbuhan sel kanker

Kanker dapat menyerang siapa saja baik kaum wanita maupun kaum pria bahkan tidak mengenal usia baik muda maupun tua. Kanker merupakan penyakit yang masuk kategori penyakit berbahaya dan ganas. Buah pare mampu mencegah atau menghambat sel kanker karena mempunyai zat lesichin. Selain itu lesichin dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Dapat menurunkan berat badan tubuh

Jika anda kelebihan berat badan (obesitas) dan ingin menurunkan berat badan, anda harus memakan buah pare karena akan cepat kenyang sehingga dapat mengontrol nafsu makan. Untuk itu konsumsilah buah pare sehingga anda dapat memiliki berat tubuh yang ideal.

Dapat membersihkan darah dalam tubuh.

Buah pare mempunyai zat atau senyawa yang mampu membersihkan darah. Konsumsilah buah pare pada pagi dan malam hari. Agar hasilnya maksimal, buah pare di jus.

Mengurangi atau memerangi AIDS

Buah pare mengandung MAP (protein alpha-momocharin) yang dapat mencegah perkembangan HIV pada tubuh. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian pada pasien AIDS yang diberi ekstrak buah pare yang menunjukan bahwa kekebalan tubuhnya meningkat.

Dapat melancarkan pencernaan

Bauh pare mengandung serat, karoten, kalium dan vitamin C tinggi. Rasa pahit yang dimili buah pare mampu mengatasi masalah pencernaan dalam tubuh.

Mengatasi penyakit asma

Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi buah pare akan merangsang indera pengecapan yang menyebabkan sistem pernafasan aktif dan luas sehingga pernafasan berjalan lancar.

Menjaga memlihara kecantikan

Buah pare mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat mencegah efek buruk akibat terpapar sinar ultraviolet. Efek buruk dari sinar ultraviolet (UV) adalah noda hitam pada wajah dan menyebabkan kanker kulit.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

3 thoughts on “Pare : Si Pahit yang Kaya Manfaat

  1. Pingback: Manfaat dan Khasiat Lada Untuk Kesehatan Kita | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  3. Pingback: Kandungan dan Manfaat Super Wortel untuk Kecantikan dan Kesehatan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *