Paul Hermann Muller, Penemuan DDT

Biografi Paul Hermann Muller, Penemuan DDT– Paul Hermann Müller juga lebih dikenal dengan nama Pauly Mueller. Paul Hermann Müller lahir pada tanggal 12 Januari 1899 di Olten Solothum. Paul Hermann Müller merupakan seorang ilmuwan di bidang kimia yang berkebangsaaan Swiss.muller

Paul Hermann Müller mendapatkan penghargaan nobel di bidang fisiologi atau kedokteran pada tahun 1948. Hal ini dikarenakan jasanya dalam melakukan berbagai penelitian sehingga berhasil menemukan dan mengembangkan insektisida berkualitas, di mana insektisida tersebut yang disebut DDT mampu mengontrol hama serangga salah satunya vector penyebab penyakit malaria dan demam kuning.

Paul Hermann Müller lahir dari pasangan Gottlieb Muller dan Fanny Muller. Paul Hermann Müller merupakan anak tertua dari empat bersaudara. Ayahnya bekerja di Swiss Federal Railways dan kemudian keluarganya pindah ke Lenzburg di Aargau dan kemudian pindah lagi ke Basel. Paul Hermann Müller mengenyam pendidikan di Freie Evangelishce Volksschule yang merupakan sekolah gratis untuk orang – orang yang beragama protestan dan kemudian masuk ke Realschule.

Pada saat itu, Paul Hermann Müller memiliki sebuah laboratorium kecil dimana Paul Hermann Müller dapat mengembangkan peralatan – peralatan radio. Pada tahun 1916, Paul Hermann Müller sempat meninggalkan sekolah untuk bekerja sebagai asisten labotratorium di Dreyfus dan Company, tahun berikutnya Paul Hermann Müller menjadi seorang asisten ilmuwan kimia di laboratorium Scientific-Industrial dari Electrical plant Lonza AG.

Kemudian akhirnya Paul Hermann Müller kembali bersekolah di tahun 1918, Paul Hermann Müller mendapatkan gelar diplomanya pada tahun 1919 dan diterima di Universitas Basel di tahun yang sama.

Di Universitas Basel inilah Paul Hermann Müller banyak belajar khususnya dalam bidang kimia. Selain itu, Paul Hermann Müller juga mempelajari Botani dan Fisika kemudian mulai mempelajari kimia anorganik di bawah asuhan professor Friedrich Fichter. Di tahun 1922, Paul Hermann Müller melanjutkan pendidikannya dan khusus mengkonsentrasikan diri di laboratorium kimia organik milik Han Rupe. Ketika bekerja sebagai asisten Rupe, Paul Hermann Müller berhasil mendapatkan gelar PhD.

Untuk mendapatkan gelar doctoral tersebut Paul Hermann Müller menulis sebuah disertasi khusus di bidang kimia di tahun 1925. Paul Hermann Müller lulus pendidikan doktoralnya dengan gelar summa cum laude.

Paul Hermann Müller menikahi seorang wanita bernama Friedel Ruegsegger di tahun 1927 dan dari pernikahan tersebut mereka memiliki dua orang anak laki – laki bernama Heinrich dan Niklaus serta seorang anak perempuan bernama Margaretha. Paul Hermann Müller sangat menggemari pemandangan alam dan fotografi sehingga Paul Hermann Müller memiliki sebuah perkebunan buah kecil dan mereka sekeluarga sering berlibur di sana. Paul Hermann Müller menjadi direktur utama Geigy Scientfic Research di tahun 1946.

Pada tahun 1948, Paul Hermann Müller mendapatkan nobel karena penemuan insektisida DDTnya yang dapat membasmi serangga atau antropoda. Paul Hermann Müller meninggal di pagi hari pada tanggal 13 Oktober 1965 di Basel dikarenakan Paul Hermann Müller mengalami sakit yang parah.

Baca juga : Ilmuwan Penemu Baterai Yang Pertama

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *