Peluang Bisnis Dunia Penerbitan Masa Kini

Peluang Bisnis Dunia Penerbitan Masa Kini  – Saat ini rakyat Indonesia sudah mulai melek baca. Keterbukaan ilmu sudah merambah hingga pelosok negeri. Buku pun sudah mulai menjadi kegemaran masyarakat. Tidak hanya itu, penulis-penulis bertalenta pun mulai mengudara.

Baik penulis cilik yang menuliskan kisah-kisah anak-anak, penulis remaja dengan problematika masa tanggungnya hingga penulis dewasa yang mulai beramai-ramai mengirimkan naskah mereka ke penerbitan. Mulai dari karya populer sejenis teenlet dan karya ringan lainnya hingga karya-karya sarat dengan nilai-nilai sastra yang memperkaya dunia literasi Indonesia.

penerbitan

Dahulu menjadi penulis butuh banyak perjuangan. Dari mulai media tulis yang masih menggunakan pensil dan pulpen serta secarik kertas, lalu merambah menjadi menggunakan mesin tik. Dari mulai mengumpulkan lembar-lembar naskah yang dikumpulkan berbulan-bulan, hingga mengecek langsung ke penerbit apakah naskah yang kita kirimkan layak terbit atau tidak.

Kini, kemudahan demi kemudahan menerbitkan buku sudah nampak dari maraknya pembisnis yang membuka bisnis penerbitan dimana-mana. Mengirimkan naskah tulisan pun tidak sesulit dahulu, kemudahan internet memungkinkan penulis cukup mengirimkan naskah tulisannya lewat email.

Begitu juga dengan komunikasi penerbit dengan penulis terkait dengan naskah yang bersangkutan. Tak perlu banyak membuang waktu dengan sering-sering bertandang ke kantor penerbitan. Mereka dapat dengan mudah berkomunikasi by phone atau email lalu penulis tinggal deal-deal-an dengan penerbit bila naskah yang dikirim ternyata layak muat.

Tehnik yang digunakan penerbit pun kini beragam. Jika dahulu penerbit harus memikirkan banyak hal untuk mencetak naskah, memarketingkan sebuah naskah, dimulai dari kelayakan naskah, pangsa pasar pembaca, hingga taksiran harga untuk royalti penulis dan keuntungan yang akan didapatkan oleh penerbit yang bersangkutan.

Namun kini, menerbitkan buku dapat dilakukan secara indie, yaitu dengan menerbitkan buku menggunakan biaya dari penulis itu sendiri. Selain risiko di pihak penerbitan tidak terlalu besar, ternyata tehnik ini dapat menyambung hidup dunia penerbitan. Bagi penulis-penulis berduit tentu dengan tehnik semacam ini memudahkannya untuk bisa lebih cepat menerbitkan buku.

Nah, dari menjamurnya masyarakat kita yang mulai melek baca, munculnya penulis-penulis berbakat yang sayang bila naskahnya tidak sampai ke hadapan pembaca, hingga ranah bisnis penerbitan secara indie yang mulai banyak dilirik para pembisnis, semua itu membuka jalan bagi kamu-kamu yang ingin mencoba berbisnis di dunia penerbitan, sangat mungkin dan pintunya terbuka lebar, lho.

Adapun beberapa tips membuka bisnis penerbitan yang bisa kamu coba:

  1. Buat branding bisnismu dengan brand yang mudah diingat khalayak. Seperti Gramedia, Indiva, Gong Publishing, Asma Nadia Publishing House, dan masih banyak lagi branding penerbit yang diambil dari nama penulis atau dari media cetak.
  2. Mulailah mencari naskah, apakah itu naskah pribadi atau menggandeng naskah dari rekan-rekan penulis.
  3. Libatkan percetakan dan agen distribusi buku terpercaya.
  4. Buatlah berbagai lomba kepenulisan atau acara talk show seputar dunia literasi untuk meningkatkan image bisnismu dan melejitkan penjualan naskah serta branding nama penulis yang kau angkat naskahnya.
  5. Libatkan pemasaran buku hasil terbitan bisnismu dengan penulisnya. Manfaatkan media blog dan sosial media untuk mempercepat pengenalan naskah beserta penulis yang bersangkutan.

Kalau kamu memiliki passion di dunia literasi dan merasa bisnis ini akan cukup menjanjikan di masa depan, kamu bisa mencobanya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Apa Miliarder Juga Memulai Bisnisnya dari Nol?

Loading…

One thought on “Peluang Bisnis Dunia Penerbitan Masa Kini

  1. Pingback: Banyak Jalan untuk Membuka Bisnis Kuliner | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *