Peluang Dan Analisis Usaha Tanaman Hias Bunga Anggrek

Peluang Dan Analisis Usaha Tanaman Hias Bunga Anggrek – Bunga anggrek sejak dulu bukan hanya terkenal sebagai bunga yang melambangkan kecantikan semata, tapi juga mampu memberi anda rezeki dalam jumlah besar. Bagaimana caranya ?

Di Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam sangat besar, salah satunya adalah bunga anggrek dengan varian yang mencapai jumlah spektakuler yaitu 5000 jenis lebih.

Untitled

Faktor inilah yang kerap dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk berbisnis. Budidaya tanaman hias anggrek saat ini menjadi salah satu jenis budidaya tanaman hias yang paling banyak diminati oleh para penggemar bunga.

Dengan keindahan warna bunganya serta bentuk pohon yang unik, maka bunga ini termasuk bunga kelas tinggi yang bernilai mahal dan memiliki multifungsi untuk mempercantik dekorasi rumah atau media buat anda bersantai dengan anggota keluarga.

Sebagai pertimbangan usaha, jika anda berminat menekuni bisnis usaha kecil tanaman hias bunga anggrek maka anda perlu memperhatikan tips praktis berikut ini sebagai media analisa usaha budidaya anggrek ( potong ) agar mampu berjalan lancar diawal usaha yang dirintis :

Analisa Usaha

Modal awal yang diperlukan adalah :

  • Lahan seluas 6000m2 = Rp. 2 juta.
  • Pembelian sabut kelapa = Rp. 6 juta.
  • Pupuk kandang = Rp. 3 juta.
  • Pestisida 2 jenis ( Dursban dan Akodan ) = Rp. 1 juta.
  • Pembelian bambu = Rp. 1 juta.
  • Pembelian peralatan pertanian = Rp. 600 ribu.
  • Total modal awal adalah Rp. 12.660.000.

Biaya operasional per bulan adalah :

  • Pestisida = Rp. 60 ribu.
  • Transportasi = Rp. 300 ribu.
  • Jumlah yang dikeluarkan adalah Rp. 360.000.

Pendapatan / omset per bulan.

( 45 ikat bunga x 4/minggu x Rp. 60.000 ) = Rp. 10.800.000.

Laba bersih adalah :

Pendapatan – Biaya Operasional

Rp. 10.800.000 – Rp. 360.000 = Rp. 9.440.000.

Sukses Budidaya Anggrek

Pengusaha sukses tanaman hias bunga anggrek di Indonesia sebagian besar berasal dari daerah Wonogiri.

Mereka berhasil menjadi inspirasi bagi masyarakat di daerah tempat tinggalnya sehingga keberhasilan mereka bercocok tanam bunga anggrek sifatnya merata, banyak yang menekuni usaha pembudidayaan tanaman anggrek dan berhasil meraup keuntungan dalam jumlah besar.

Baca Artikel Lainnya :

Pendapatan yang mereka kumpulkan dari usaha budidaya tanaman anggrek bisa mencapai 23 juta rupiah / bulan. Sangat lumayan bukan ?

Jika anda ingin menjalankan usaha ini, anda bisa belajar sendiri di rumah melalui buku – buku tentang cara menanam anggrek yang benar atau dari bantuan internet. Demikian ulasan dari kami, semoga sukses !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *