Peluang usaha dan Budidaya mawar merah potong

Peluang usaha dan Budidaya mawar merah potong – Sejak beberapa tahun yang lalumawar merupakan salah satu dari berbagai bunga yang banyak memiliki penggemar, baik didalam negeri maupun diluar negeri. Mawar yang merupakan simbol dari perasaan cinta yang dimiliki seseorang sehingga banyak orang yang memanfaatkan mawar sebagai ungkapan rasa cintanya kepada orang lain.

Untitled

Di indonesia sendiri mawar merupakan salah satu jenis bunga yang banyak diminati, baik itu digunakan untuk memberikan hadiah maupun memang dibudidayakan sebagai peluang usaha. Di indonesia sendiri banyak berkembang jenis mawar hibrida yang berasal dari Holland (Belanda). Sedangkan jenis mawar yang paling banyak diminati adalah mawar tipe Hybrid Teadan Medium, mawar tipe ini memiliki variasi warna yang cukup banyak, mulai dari warna putih sampai warna merah padam. Mawar ini juda memiliki tingkat produksi yang tinggi yakni antara 120 – 180 kuntum bunga/m2/tahun.

Varietas mawar hibrida (Hybrid Tea) ini telah di tanam di Indonesia oleh PT Perkebunan Mangkurejo adalah : diplomat, idole, coctail, jacaranda, laminuette, osiana, samorai, sonia, vivaldi, tineke, sweet sonia, sonata de meilland, white success dan yonina. Sedangkan mawardengan tipe medium antara lain adalah jaguar, sissel, laser dan kiss, serta golden times. Kelebihan dari varietas mawar hibrida adalah ketahanan dan macam warna yang dimilikinya yang lebih menarik. Untuk ukuran tangkai dari mawar tipe hibrida adalah 80-120 cm, sedangkan untuk tipe medium adalah 40-60 cm.

Beberapa varietas mawar ini juga dianjurkan untuk dibudidayakan pada dataran rendah seperti frad winds, mr. Lincoln, golden lustee, dan camelot yang sering digunakan sebagai mawarpotong.

Manfaat dari Tanaman Mawar

  1. Tanaman hias dalam sebuah pot untuk pengindah dalam sebuah ruangan atau koridor
  2. Tanaman hias pada taman atau kebun rumah
  3. Dijadikan sebagai bunga tabur di upacara kenegaraan atau sebagai tradisi ritual
  4. Dapat diekstraksi minyaknya untuk menghasilkan parfum

Sentra Penanaman Mawar

Daerah pusat untuk penanaman mawar di dunia terkonsentrasi di kawasan alaska atau siberia, india, afrika utara dan di indonesia. Sedangkan untuk sentra penanaman bunga mawar potong, tabur serta tanaman pot di Indonesia dihasilkan di daerah Jawa Barat, Tengah, Timur, Sumatera Utara, juga daerah DKI Jakarta.

Syarat Yang Berpengaruhi Pata Pertumbuhan Mawar Potong :

  1. Iklim
  • Angin tidak mempengaruhi dalam pertumbuhan mawar
  • Tingkat curah hujan terbaik untuk pertumbuhan bunga mawar adalah daerah dengan curah hujan sebesar 1500-3000 mm/tahun.
  • Mawar sendiri memiliki daya beradaptasi yang sangat luas terhadap lingkungan bertumbuh, mawar dapat ditanam pada daerah beriklim dingin maupun daerah beriklim tropis.
  1. Media Tanam
  • Penanaman mawar dapat dilakukan pada pot maupun pada tanah perkebunan. Tanaman mawar ini cocok untuk ditanam pada tanah liat berpasir yang memiliki kandungan liat sebesar 20 – 30 persen.
  • Mawar juga dapat ditanam pada tanah andosol, latosol yang memiliki sifat fisik dan dankesuburan yang cukup baik
  • Derajat keasaman dari tanah yang ideal yakni PH antara 5,5 sampai 7
  1. Ketinggian tempat
  • Mawar dapat tumbuh pada ketinggian 560 – 800 mdpl, 1100 mdpl, 1400 mdpl dengan memperhatikan suhu udara minimum. Di Indonesia sendiri bunga mawar dapat tumbuhdan produktif di dataran rendah sampai dataran tinggi atau pegunungan

Pedoman Budidaya

Sebelum melakukan pembudidayaan maawar potong beberapa faktor yang harus diperhatikan adalah

  1. Pembibitan
  2. Pemilihan media tanam yang sesuai
  3. Pemupukan
  4. Serta perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil panen sesuai dengan harapan.

Mungkin hanya ini celotehan saya kali ini, semoga bisa membantu teman teman semuanya yang ingin memulai usaha mawar potong nie. salam sukses selalu..

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *