Pemanfaatan Azolla Sebagai Pakan Ikan Kaya Protein

Pemanfaatan Azolla Sebagai Pakan Ikan Kaya Protein – Azolla atau Azolla Pinnata merupakan jenis paku-pakuan air yang umumnya dapat dengan mudah ditemukan di area persawahan. Akan tetapi tumbuhan ini justru seringkali dibuang begitu saja akibat petani menganggapnya sebagai gulma atau tanaman pengganggu. Padahal sebenarnya Azolla sendiri memiliki kandungan berbagai macam nutrisi yang sangat baik jika digunakan sebagai pakan beragam jenis ikan yang dibudidayakan.

a

Mengandung beragam jenis nutrisi penuh manfaat

Ketika digunakan sebagai pakan ikan, maka Azolla mampu memberikan aneka nutrisi yang sangatlah lengkap bagi ikan. Selain kaa akan kandungan protein, Azolla juga dikenal mengandung Asam Amino Esensial, Vitamin A dan B12, serta Beta Carotene. Sementara itu untuk lemak, karbohidrat maupun mineral juga ditemukan didalamnya. Jumlah kandungan mineral yang ada dalam Azolla berkisar pada 10 hingga 15%, 6 hingga 6,5% karbohidrat dan 7 hingga 7,5% lemak. Tentunya akan sangat berguna bagi ikan-ikan yang berada dalam masa pembudidayaan, misalnya saja seperti ikan gurami.

Cara pemberian azolla sebagai pakan ikan budidaya

Azolla dapat diberikan sebagai salah satu pakan ikan budidaya menggunakan dua (2) macam cara atau metode, caranya yaitu:

  1. Diberikan secara langsung dalam keadaan yang masih segar.
  2. Azolla juga dapat diolah terebih dahulu menjadi tepung Azolla. Kemudian tepung Azolla yang sudah jadi diberikan kepada ikan dengan cara dijadikan sebagai campuran untuk pembuatan pellet ikan.

Pemilihan cara pemberian pakan tersebut dapat disesuaikan dengan kebiasaan dalam memberikan pakan ikan atau mengikuti cara yang dinilai jauh lebih praktis.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan di lapangan, Azolla dalam kondisi segar dapat diberikan untuk pakan ikan budidaya ikan Nila, ikan Gurami, ikan Tawes serta ikan Mas. Dengan hasil yang diberikan tidak kalah jika dibandingkan dengan ikan-ikan yang dibudidayakan dengan pemberian pakan buatan dari pabrik-pabrik ternama. Bahkan unsur hara yang ditemukan pada Azolla juga sangatlah cocok jika digunakan sebagai bahan pupuk yang ramah lingkungan. Selain itu, tumbuhan Azolla ini juga dikenal memiliki cara kerja yang sangat ampuh atau luar biasa dengan kemampuannya mengikat Nitrogen secara langsung dari udara sekitar.

Bagi apara pelaku budidaya ikan tentu saja penggunaan Azolla sebagai pilihan pakan ikan dapat lebih menekan biaya produksi yang harus dikeluarkan. Akan tetapi sayangnya saat ini belum cukup banyak pelaku budidaya ikan yang memutuskan untuk mengembangkan Azolla sebagai pakan dari ikan-ikan hasil budidaya mereka. Lalu apakah anda tertarik untuk mencoba menggunakan Azolla sebagai salah satu pilihan pakan ikan? Tentunya anda akan lebih mampu untuk memberikan asupan nutrisi cukup banyak serta lebih hemat karena anda hanya perlu memburu Azolla di area persawahan terdekat di lingkungan tempat tinggal anda.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *