Pembagian Jenis Bakteri Gram Positif Serta Karakteristiknya

Pembagian Jenis Bakteri Gram Positif Serta Karakteristiknya – Bakteri, seperti yang kamu tahu, merupakan sel yang hanya terdiri dari satu saja (uniselluler), dan tidak punya membran inti (prokariotik). Bakteri juga dikarakterisasi karena tak ada struktur di dalam yang perlu dibatasi membran di bagian sitoplasma. Jumlah bakteri yang banyak tersebut membuat bakteri bisa diklasifikasikan dalam kategori yang berbeda-beda, tergantung dari mana kamu melihatnya.

a1

Pembagian jenis bakteri menurut fisik

Ada banyak dasar untuk mengkaategorikan bakteri, salah satunya adalah dengan mendasarkannya pada ciri-ciri fisik. Ciri tersebut berdasarkan ketebalan lapisan peptidoglikan yang ada di dinding sel bakteri. Tentang peptidoglikan sendiri, pengertiannya adalah:

  • Bahan pada dinding sel bakteri, yang terdiri dari polimer modifikasi gula, yang kemudian disilangkan dengan polipeptida pendek, dan berbeda dari satu spesies ke spesies lain.

Berdasarkan hal tersebut, bakteri bisa dibedakan jadi dua, yaitu bakteri gram positif dan negatif. Perbedaan dari antara keduanya adalah:

  • Dinding sel

Bakteri gram positif punya dinding sel lebih tebal, sederhana, dan peptidoglikan yang lebih banyak. Bakteri gram negatif punya lapisan peptidoglikan tipis.

  • Identifikasi dengan pewarnaan

Bakteri gram positif akan menghasilkan warna, sementara bakteri gram negatif akan kehilangan warna ketika disiram etanol.

  • Warna

Masih meliputi hal di atas, bakteri gram positif akan mempertahankan warna violet atau ungu dari zat kristal, yang membuatnya berwarna kebiruan atau ungu. Sementara itu, bakteri gram negatif berwarna merah.

Karakteristik bakteri gram positif

Untuk kali ini, fokusnya adalah pada bakteri gram yang positif. Seperti yang telah disebutkan di atas, bakteri ini punya lapisan peptidoglikan yang tebal. Berikut adalah karakteristik dari bakteri ini sendiri:

  • Dinding selnya mempunyai sifat homogeny atau cenderung sama dan sederhana.
  • Punya ketebalan dinding sel 20-80 nm, yang terdiri dari peptidoglikan, polisakarida, dan juga asam teikoat.
  • Mempunyai sistem reproduksi dengan cara melakukan pembelahan biner, yaitu pembelahan langsung dari satu sel menjadi dua sel.
  • Sistem metabolisme menggunakan sistem kemoorganoheterotrof, membutuhkan substrat organik sehingga mendapatkan karbon yang untuk tumbuh.
  • Alat geraknya adalah non motil, alias tidak bergerak. Bila ada yang motil atau bergerak, maka bakteri tersebut punya tipe flagela yang disebut petritikus.

Contoh bakteri gram positif

Contoh dari bakteri gram positif tersebut salah satunya adalah Clostridium tetani. Terdengar familiar? Bakteri inilah yang menyebabkan penyakit tetanus pada manusia. Ada pun ciri-ciri dari bakteri ini adalah:

  • Mempunyai bentuk batang yang lurus langsing, dan panjangnya 2-5 mikron.
  • Bakteri ini bisa bergerak.
  • Termasuk tipe anaerob (tidak perlu oksigen), dan berspora.
  • Bisa membentuk dan mengeluarkan 2 jenis exotoxin yang juga disebut dengan tetanospasmin dan tetanolisin.

Salah satu contoh bakteri gram positif lain adalah Bacillus cereus. Bakteri ini merupakan biang keladi dari banyaknya keracunan makanan dari tahun 1955, dan merupakan salah satu penyebab utama racun di makanan hingga sekarang.

Baca Artikel lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Pembagian Jenis Bakteri Gram Positif Serta Karakteristiknya

  1. Pingback: Macam-macam Bakteri yang Baik dan Menguntungkan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *