Pembentukan lahan gambut

Pembentukan lahan gambut – Tanah gambut merupakan tanah yang mudah ditekan dan lunak. Jika ditekan akan memaksa keluar kandungan air yang terdapat di dalamnya, tetapi bila dikeringkan dapat digunakan sumber energi sebagai bahan bakar. Di seluruh dunia volumegambut jumlahnya kira-kira 4 trilyun m3 mengandung energi 8 milyar terajoule. Pembentukanlahan gambut di negara Skotlandia dan Irlandia yang merupakan negara yang langka pohongambut menjadi sangat penting. Di negara tersebut gambut dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk memasak dan dalam industri digunakan untuk pembangkit listrik.

1

Proses pembentukan lahan gambut awalnya dari danau yang dangkal perlahan-lahanvegetasi pada lahan basah dan tanaman air mulai tumbuh. Tanaman mati dan lapuk membentuk lapisan kemudian menjadi lapisan transisi yaitu antara lapisan gambut dan lapisan yang berada di bawahnya yaitu tanah mineral. Tanaman tumbuh di tengah-tengah danau dangkal dan terbentuklah lapisan-lapisan gambut. Proses pembentukan gambut berdasarkan sifat dan kondisinya dibedakan menjadi gambut topogen dan gambut ombrogen. Uraian tentang keduagambut tersebut ada di bawah ini.

Pertama yang akan diuraikan tentang Pembentukan lahan gambut yaitu gambut topogen terbentuk disebabkan oleh topografi di daerah cekungan, drainasenya genangan air terhambat. Ciri-ciri Gambut topogen:

  1. Tidak dalam hanya empat meter saja
  2. Tidak asam
  3. Di dasar cekungan terdapat lapisan mineral yang mengandung unsur hara sehingga relatif subur. Karena jenis gambut ini subur maka cocok di buat untuk bercocok tanam. Tanaman akan tumbuh subur di lahan tersebut.

Pembentukan lahan gambut ombrogen terbentuk dari hasil pelapukan membentuk gambutbaru yang membentuk kubah gambut yang cembung pada permukaannya atau gambuttopogen yang di atasnya ditumbuhi gambut baru. Gambut ombrogen sering kita jumpai.Gambut ini memiliki lapisan yang tebal dan kedalamannya 20 m, serta permukaannya lebih tinggi dari permukaan sungai yang berada di dekatnya. Unsur hara yang terkandung dalamgambut ombrogen terbatas, bersumber dari air hujan dan lapisan gambut itu sendiri sehinggagambut ini tidak subur. Drainase yang letaknya di gambut ombrogen aliran airnya kadar keasamannya tinggi (pH 3-4,5). Warna dari gambut ombrogen coklat kehitaman sehingga sering disebut sungai air hitam.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *