Pemicu Apabila Anda Mudah Lelah Saat Bekerja

Apakah akhir – akhir ini anda merasa mudah lelah saat bekerja? Mungkin saja rasa lelah yang dirasakan sepanjang hari karena kurang tidur bahkan gejala anemia. Yuk lihat apa saja pemicu anda merasakan mudah lelah.

s 140

  • Kurang Tidur

Pada orang dewasa tidur yang cukup berkisaran 8 jam sehari. Apabila anda tidur kurang dari 8 jam maka kualitas tidur anda terganggu dan berimbas pada kesehatan dan konsentrasi anda.

Cara membuat tidur yang berkualitas adalah buat jadwal tidur yang sama setiap hari dan letakkan laptop dan ponsel jauh dari tempat tidur anda.

  • Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur dengan gejala kesulitan bernafas karena penyempitan saluran nafas saat tidur akibatnya pasokan oksigen saat tidur berkurang dan terjadi berulang – ulang.

Walau pun anda menghabiskan waktu tidur selama 8 jam tetapi, yang dirasakan tubuh tidak 8 jam. Sleep apnea erat kaitannnya dengan penyakit seperti, stroke, hipertensi, gangguan jantung, dan diabetes.

Jika anda mengalami ini sebaiknya anda diet, berhenti merokok, dan tidur menggunakan alat bantu bernama CPAP agar anda dapat bernafas tengah malam.

  • Energi

Kekurangan dan kelebihan makan berdampak buruk bagi kesehatan ada baiknya anda diet seimbang agar kadar gula darah anda normal dan mencegah lelah saat kadar gula darah anda turun. Disarankan agar sarapan tiap hari agar asupan protein dan karbohidrat kompleks terpenuhi.

  • Anemia

Kekurangan pasokkan sel darah merah dapat menghambat transfer oksigen ke seluruh tubuh dan otak. Karena anemia diakibat karena kekurangan zat besi sebaiknya anda mengkonsumsi makan – makanan yang banyak mengandung zat besi seperti kacang – kacangan, sereal, daging, hati, dan kerang.

  • Depresi

Depresi tidak hanya menyerang kejiwaan tapi juga berimbas pada fisik. Depresi dapat mengakibatan kelelahan, pusing, dan nafsu makan berkurang. Jika anda mengalami depresi selama 2 minggu sebaiknya anda segeralah berkonsultasi dengan dokter.

  • Kafein

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, kejang, dan kelelahan pada beberapa orang.

Baca Artikel Lainnya :

Nah, sebaiknya kurangi secara bertahap mengkonsumsi bahan pangan yang mengandung kafein karena kalau diputus langsung akan berakibat penarikan kafein dan kelelahan berlebihan.

Apabila anda mulai sering merasa kelelahan ada baiknya berkonsultasi dengan dokter dan melakukan olahraga secara rutin. Semoga bermanfaat.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *