Pemilihan Subyek Dalam Fotografi Untuk Pemula Dalam Mendapatkan Gambar Menarik

Pemilihan Subyek Dalam Fotografi Untuk Pemula Dalam Mendapatkan Gambar Menarik – Apakah anda pernah berpikir tentang foto – foto apa yang paling menarik untuk diabadikan ?

Darimana anda dapat mengumpulkan ide foto paling menarik untuk dikoleksi ? Apakah anda sedang berusaha untuk mencoba mencari jalan terbaik sampai menemukan subyek yang benar – benar bagus untuk koleksi foto profesional anda ?

sayure

Pertanyaan – pertanyaan tersebut kerap diajukan ketika para pemula memulai sebuah aktifitas fotografi.

Jika saat ini banyak para pemula hanya mampu melakukan tahap awal pembelajaran di dunia fotografi dengan hanya fokus kepada subyek tertentu saja, maka cobalah untuk langkah selanjutnya anda mulai memotret apa saja yang dianggap menarik. Kebanyakan orang atau penggemar fotografi akan tertarik untuk memotret alam semesta, manusia dengan kesibukannya, gedung, fashion ataupun yang lainnya.

Fotografi merupakan sebuah seni dan passion yang akan mengantar anda kearah mana anda hendak memilih style fotografi kalian.

Pemilihan subyek untuk foto terbaik biasanya tergantung pada tema foto dan kualitas cahaya. Kembangkan selalu mata manusia anda setajam mungkin maka anda akan mampu melihat gambar – gambar yang menarik dimanapun anda akan mengambil gambar tersebut sebagai subjek atau objek.

Terkadang kesulitan awal yang dihadapi oleh para pemula dalam menekuni bidang ini adalah mereka terlalu dibatasi oleh gaya fotografi masing – masing atau terlalu idealis.

Contohnya, jika anda lebih cenderung menyukai foto landscape, maka anda tidak akan bisa melihat sebuah kondisi nyata tentang pemandangan sebuah gedung dengan pencahayaan yang unik.

Tapi anda jangan merasa khawatir, karena kebanyakan orang awam akan tertarik menekuni dunia fotografi dimana pada awalnya adalah melakukan hal – hal kecil seperti gemar membawa kamera kemanapun mereka akan pergi, dan hal tersebut anda lakukan karena kebiasaan saja.

Kebiasaan ini lama kelamaan akan berubah menjadi hobi dan bahkan akan cenderung berkembang menjadi sebuah pekerjaan profesional yang mampu mendatangkan penghasilan besar.

Cobalah untuk terus mengembangkan kemampuan mata anda memandang fokus foto, lihatlah ke masing – masing sudut dan carilah kemungkinan peluang dimana ada foto subjek atau objek yang berkualitas untuk ditangkap, dan percayalah bahwa anda akan mampu mendapatkan “mata fotografer” anda yang handal.

Dalam prakteknya, ada beberapa faktor yang bisa menghalangi proses fotografi anda berjalan sukses. Maksudnya adalah, seringkali banyak ditemui para pemula yang memiliki keterbatasan di lingkungan dimana mereka tinggal.

Sebagai contoh, jika anda tertarik untuk memotret binatang liar dan kebetulan anda tinggal di tengah kota besar maka anda akan susah menemukan subjek hewan untuk difoto. Jangan sampai kondisi ini menyebabkan anda putus asa !

Anda bisa jalan – jalan ke taman kota dan mencari hewan – hewan kecil seperti serangga atau pergi ke hutan terdekat untuk menemukan kepercayaan diri dalam mengenai teknis memotret hewan liar sebagai subjek.

Kembali membahas tentang “mata fotografer” merupakan istilah untuk mendiskripsikan kemampuan seorang fotografer handal untuk melihat sebuah gambar sebagai subyek dimana orang lain yang awam dengan dunia fotografer tidak akan mampu melihatnya dengan mata telanjang.

Secara normalnya, kegiatan ini akan berjalan dengan lancar tanpa memperhatikan apapun, maka seorang fotografer dituntut bisa fokus dalam upaya mereka mencari frame – frame gambar terbaru.

Cara termudah adalah dengan mengembangkan serta mengasah “mata” setajam – tajamnya terlepas dari apapun style fotografi yang akan anda pilih.

Cara terbaik dalam menghasilkan foto yang sifatnya spontan adalah anda harus selalu siap sedia dengan perangkat maupun alat fotografer.

Setidaknya, bawalah selalu kamera DSLR untuk dikeluarkan dari tas anda atau anda bisa membawa kamera point and shoot yang berkualitas bagus dan bisa dengan mudah melakukan pemotretan ketika anda akan menemukan momen -momen bagus buat direkam.

Baca Artikel Lainnya :

Dengan selalu membawa kamera kemanapun anda akan pergi maka diharapkan anda bisa membantu orang lain untuk terbiasa memotret, mereka akan lebih santai ketika anda berniat memotretnya dan tetap mampu berinteraksi satu sama lainnya.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *