Penemu dan Pengguna Plastik Sintetik Pertama Kali

Penemu dan Pengguna Plastik Sintetik Pertama Kali – Plastik merupakan sebuah kebutuhan yang umum di seluruh dunia saat ini dan penggunaannya sudah menyebar di seluruh dunia serta tidak diragukan lagi manfaatnya.

leoPlastic sintetik memiliki beberapa kelebihan di antaranya tahan terhadap panas hingga suhu tertentu, bukan bahan penghantar, bahannya mudah dibentuk dan menahan makanan yang kita makan, air yang kita minum, mainan yang kita mainkan, dapat dikombinasikan dengan berbagai alat atau benda yang ada di sekitar kita serta sama umumnya seperti penggunaan kayu dan juga besi.

Yang menjadi pertanyaan adalah dari mana plastik itu didapatkan? Plastic sintetik secara komersial pertama kali digunakan adalah Bakelite.

Plastic sintetik ditemukan oleh seorang ilmuwan yang sukses bernama Leo Hendrik Baekeland. Leo Hendrik Baekeland lahir pada tahun 1863 di Ghent Belgia. Kemudian Leo Hendrik Baekeland melakukan imigrasi ke Amerika Serikat di tahun 1889.

Penemuan utama Leo Hendrik Baekeland yang pertama adalah Velox yang merupakan sebuah kertas cetak Fotografi yang dapat dikembangkan di bawah cahaya buatan. Kemudian Leo Hendrik Baekeland menjual hak penggunaan Velox ke George Eastman dan Kodak seharga satu juta dolar pada tahun 1899.

Kemudian Leo Hendrik Baekeland memulai laboratoriumnya sendiri di Yonkers, New York di mana Leo Hendrik Baekeland menemukan Bakelite (plastic komersial pertama yang ditemukan Leo Hendrik Baekeland) di tahun 1907.

Bakelite dibuat dengan mengkombinasikan fenol yang merupakan disinfektan umum dengan formaldehyde. Bakelite asalnya disusun dari sebuah pengganti buatan untuk lak yang digunakan di penyekatan elektronik. Bagai mana pun kekuatan dan kemampuan membentuk dari bahan kombinasi ini memiliki biaya produksi yang rendah dengan menggunakan bahan yang dibuat khusus untuk produksi pabrik.

Di tahun 1909, Bakelite diperkenalkan ke masyarakat umum pada sebuah konferensi kimia dan ketertarikan terhadap plastic segera setelah konferensi tersebut. Bakerlite digunakan untuk memproduksi apapun dari handset telefon dan perlengkapan perhiasan untuk dasar dan dudukan lampu pijar sampai pada bagian mesin automobile dan juga komponen – komponen mesin pencuci.

Ketika Leo Hendrik Baekeland mendirikan Bakelite Corp, perusahaan mengadopsi sebuah logo yang menggabungkan tanda untuk tak terbatas dan sebuah label sebaris yang dibaca : the material of a thousand uses. Itu merupakan sebuah keterangan yang mengecilkan suatu persoalan. Seluruh waktunya, Leo Hendrik Baekeland memperoleh sekitar 400 paten yang berkaitan dengan hasil kreasinya.

Ketika tahun 1930, perusahaannya menduduki tanah yang seluas 128 ha di New Jersey. Dikarenakan permasalahan adaptif, Bakelite mudah rapuh di dalam bentuk murninya. Untuk membuatnya lebih lunak dan tahan lama, Bakelite diperkuat dengan bahan additive. Sayangnya, bahan additive memudarkan warna Bakelite.

Ketika plastic lainnya yang mengikuti langkah Bakelite ditemukan mampu mempertahankan warna lebih baik sehingga plastic pertama (Bakelite) ditinggalkan. Leo Hendrik Baekeland sendiri meninggal di Beacon New York pada tahun 1944 ketika Leo Hendrik Baekeland berumur 80 tahun.

Baca juga : Tokoh yang Berjasa di Bidang Fisika dan Astronomi

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *