Penemuan Eksoplanet Dengan Orbit Unik Oleh Astronom

Melalui The AstrophysicalJournalyang terbit pada tanggal 28 Februari lalu, dikabarkan bahwa ditemukan sebuah Eksoplanet oleh sebuah tim yang dipimpin oleh Stephen Kane astronom dari San Fransisco State University . Eksoplanet ini memiliki jarak 117 tahun cahaya dari bumi yang mana memiliki orbit paling eksentrik.

p 45

Orbit yang dimiliki tidak seperti orbit planet – planet lainnya yang memiliki orbit melingkar pada umumnya, melainkan memiliki orbit berbentuk elips. Memang para astronom juga menemukan beberapa planet mengorbit dengan bentuk sangat elips dan ensentrik, namun planet ini sangat beda.

Planet ini terdeteksi karena sinyal dari pantulan cahaya planet yang bernama HD 20782. Tim astronomi tersebut juga menemukan cahaya bintang yang sedang memantul dari atmosfer yang sedang mengorbit pada bintangnya.

HD 20782 memiliki orbit yang paling eksentrik, yaitu memiliki ukuran 0,96 dan berarti memiliki bentuk paling elips. Planet tersebut mengorbit dalam jarak jauh yang akan bergerak sangat cepat ketika berada pada jarak terdekat dengan bintangnya. Gerak tersebut seperti gerakan katapel yang sangat cepat.

Dengan adanya penemuan HD 20782 membuka kesempatan kepada para astronom untuk mempelajari dan mengamati planet yang memiliki orbit eksentrik pada tata surya.

Para astronomi mempelajari cahaya yang dipantulkan oleh planet dan melakukan Study tentang komponen dan struktur pada atmosfer planet ketika menahan paparan pada saat berada paling dekat dengan bintangnya.

Ketika para astronom melakukan pengamatan, cahaya yang di pantulkan oleh planet saat merespons ketika dalam keadaan jauh maupun dekat dengan bintang. Dan persentasenya tergantung dari dari komposisi dari atmosfer.

Planet ini memiliki jarak 2,5 kali jarak antar matahari dan bumi ketika berada titik orbit terjauh. Dan memiliki jarak hanya 0,06 kali jarak matahari dan bumi saat berada dalam keadaan dekat, yang mana jarak tersebut merupakan jarak paling dekat dibandingkan jarak  orbit antar matahari dan merkurius.

Baca Artikel Lainnya :

Kane juga mengatakan bahwa planet ensentrik tersebut memiliki massa seperti planet Jupiter.

Para astronom juga masih melakukan penyelidikan terhadap planet ini, namun diperkirakan awalnya planet ini terbentuk dari beberapa planet yang yang salah satunya memiliki orbit tidak stabil. Sehingga terjadi tabrakan akhirnya terbentuk HD 20782 dengan orbit yang eksentrik.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *