Pengaruh Akar Terhadap Sifat Fisik Tanah

Pengaruh Akar Terhadap Sifat Fisik Tanah – Pada kesempatan ini, akan dibahas mengenai pengaruh akar yang akan memberikan perubahan pada sifat fisik tanah. Kenapa hal ini menjadi penting dibahas? Hal seperti ini harus anda ketahui karena tanah merupakan suatu bidang yang kuat namun juga bisa sangat rapuh dalam kondisi-kondisi tertentu. Maka dari itu, penting bagi anda untuk menambah ilmu tentang adanya akar yang tertanam di dalam tanah bisa memberikan pengaruh yang cukup besar bagi tanah tersebut.

index

Pengaruh adanya akar pada suatu tanah berhubungan dengan konservasi tanah atau bisa juga disebut sebagai penyelamatan pada tanah. Hal ini perlu dilakukan karena tanah bisa mengalami erosi berlebihan yang terjadi akibat munculnya proses kimiawi maupun adanya proses biologi. Maka dari itu, penting untuk anda mengetahui strategi yang baik untuk mencegah terjadinya erosi. Erosi pada tanah ini, bisa disebabkan karena adanya penggunaan tanah yang berlebihan sehingga terjadi pengurangan di bagian-bagian tertentu.

Disamping itu, adanya proses pengasaman pada tanah akibat adanya kontaminasi dari zat-zat kimia berbahaya pun bisa mengakibatkan erosi yang berbahaya pada tanah. Oleh sebab itu, kita perlu melakukan konservasi agar tidak terjadinya pengurangan lahan dan tentu saja bisa mengakibatkan longsor yang bisa membahayakan bagi anda yang terletak dekat dengan kawasan tebing. Untuk menanggulangi terjadinya hal tersebut, berikut beberapa cara yang ampuh untuk menjaga tanah tetap stabil:

  1. Tanamlah tumbuh-tumbuhan, dengan begitu tanah akan tetap stabil disamping itu dengan adanya vegetasi lahan yang padat akan menciptakan lingkungan yang hijau, teduh dan sejuk.
  2. Pertahankanlah organisme tanah yang terdapat di kawasan anda, cobalah untuk membuat selestari mungkin kawasan anda dengan begitu organisme tanah tersebut bisa tumbuh dan berkembang dengan baik untuk menggemburkan tanah.
  3. Buatlah windbreak atau disebut juga sebagai penahan angin. Hal ini perlu untuk dilakukan karena seperti yang diketahui bahwa angin menjadi salah satu penyebab terjadinya erosi pada tanah.

Dapat anda lihat fungsi akar pada sifat fisik tanah sangatlah berguna dan membantu mempertahankan kestabilan tanah. Walaupun begitu, tetaplah menjaga tanaman anda agar tetap sehat demi kelangsungan hidup tanaman dan juga tanah yang ada.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *