Pengaruh Cuaca Terhadap Keragaman dan Populasi Collembola

Pengaruh Cuaca Terhadap Keragaman dan Populasi Collembola – Keberadaan jenis tumbuhan pada area tertentu dan tingkat populasi mikroorganismesangat erat kaitannya dengan keanekaragaman dan kelimpahan fauna tanah salah satunya adalah Collembola.Faktor-faktor lain yang juga sangat mempengaruhi keanekaragaman dan kelimpahan fauna tanah adalah reaksi yang berlangsung di dalam tanah, kadar kelembaban, kondisi-kondisi serasi, Suhu Tanah, pH, dan Curah hujan.

Untitled

Suhu tanah merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan kepadatan organisme tanah, dengan demikian suhu tanah akan menentukan tingkat dekomposisi material organik tanah. Suhu tanah sangat tergantung dengan keadaan suhu udara.Suhu tanah lapisan atas mengalami perubahan dalam satu hari satu malam dan tergantung cuaca pada area tersebut.Perubahan-perubahan itu juga terjadi akibat topografi daerah dan keadaan tanah.. Menurut Wallwork (1970), besarnya perubahan gelombang suhu di lapisan yang jauh dari tanah berhubungan dengan jumlah radiasi sinar matahari yang jatuh pada permukaan tanah. Besarnya radiasi yang terintersepsi sebelum sampai pada permukaan tanah, tergantung pada jenis dan populasi vegetasi yang hidup diatasnya.

Pengukuran pH tanah juga sangat diperlukan dalam melakukan penelitian mengenai Collembola. Suin (1997), menyebutkan bahwa ada fauna tanah yang hidup pada tanah yang pH-nya asam dan ada pula yang senang hidup pada tanah yang memiliki pH basa. Untuk jenis Collembola yang memilih hidup pada tanah yang asam disebut dengan Collembola jenis asidofil, sedangkan untuk Collembola yang hidup pada tanah-tanah yang basa disebut Collembola jenis kalsinofil, sedangkan Collembola yang bisa hidup di kedua area tersebut tanah asam dan basa di sebut jenis indifferen. Peneltian terhadap kelimpahan Collembola akibat pH sangat sedikit sekali dilakukan namun menurut Ke et al. (2004) dalam penelitiannya menyatakan bahwa jenis Onychiurus yadoitidak sesuai hidup pada tanah-tanah yang masam.

Curah hujan juga dapat berpengaruh terhadap kelimpahan Collembola. Pada musim hujan kelimpahan Collembola akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan musim kering hal ini disebabkan karena Collembola tidak tahan akan kekeringan. Akibat perubahan tersebut Collembola berusaha mempertahankan diri dengan berpindah ke lapisan tanah yang lebih dalamuntuk mencari perlindungan.

Kelembaban tanah sangat erat hubungannya dengan penyebaran Collembola.Hai ini dibuktikan dengan semangkin tingginya kelimpahan Collembola pada tanah-tanah yang mempunyai tingkat kelembaban yang tingi. Collembola di mungkinkan dapat digunakan sebagai salah satu indikator hayati kandungan air dalam tanah.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *