Pengaruh dan Dampak Peradaban Kuno Terhadap Masyarakat Indonesia Saat ini

Pengaruh dan Dampak Peradaban Kuno Terhadap Masyarakat Indonesia Saat ini – Peradaban kuno yang pernah ada zaman dulu memiliki pengaruh dan dampak yang cukup besar terhadap masyarakat indonesia saat ini.

Sebagai contoh ketika bangsa asing masuk ke peradaban masyarakat indonesia sejak abad pertama masehi membuat interaksi masyarakat yang awalnya hanya menggunakan bahasa bangsa sendiri dengan adanya bangsa asing tersebut, masyarakat pun jadi harus belajar agar dapat berbicara dengan bahasa asing sehingga dapat saling memahami maksudnya masing-masing.

Untitled

pengaruh dari bangsa asing tersebut ada yang memberikan dampak langsung dan ada pula yang tidak langsung. Pengaruh secara langsung

Aspek kehidupan dari peradaban bangsa asing umumnya dibawa oleh bangsa lain yang datang ke Indonesia, maksudnya adalah datang ke Indonesia dengan perantara bangsa lain.

Pengaruh secara langsung adalah dari segi bahasa, cara berinteraksi seperti salam, hingga cara makan. Berikut beberapa contoh bangsa asing yang memberikan pengaruh pada bangsa indonesia, antara lain:

Bangsa Mesir

Tulisan bangsa mesir purba yang dahulu ada lebih dulu berkembang keluar kemudian disederhanakan agar lebih mudah dipahami oleh bangsa Funisia dan diajarkan kepada bangsa yunani dan digunakan secara umum oleh bangsa romawi, lalu berkembang menjadi tulisan latin yang digunakan oleh bangsa Indonesia hingga sekarang.

Selain itu kepercayaan dalam menghadirkan roh pun juga masih ada yang menggunakan di indonesia yang awalnya berkembang di mesir kuno, contohnya adalah jalangkung.

Selain itu pengaruh lainnya adalah dari bangunan peninggalan bangsa mesir yaitu piramida adalah bangunan besar dan pengaruh tersebut sampai ke indonesia contohnya adalah candi borobudur.

Bangsa Mesopotamia

Pengaruh bangsa ini lebih cenderung dirasakan oleh masyarakat yang memeluk ajaran nasrani, misalnya upacara baptis dengan menyalakan lilin.

Bangsa Persia

Membawa pengaruh pada masuknya islam me indonesia, dimana budaya bangsa ini yang mempengaruhi.

Bangsa ASsyria

Membawa pengaruh kepercayaan singa jadi-jadian, yang percaya bahwa binatang pun ada yang merupakan jelmaan siluman.

Baca Artikel Lainnya :

Dari pengaruh bangsa asing tersebut dapat diketahui bahwa hampir dari seluruh kepercayaan di indonesia berasal dari pengaruh bangsa lain.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *