Pengaruh Erosi Permukaan Terhadap Ketersediaan Hara

Pengaruh Erosi Permukaan Terhadap Ketersediaan Hara – Unsur hara merupakan bagian penting yang dibutuhkan oleh tanaman demi mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal. Unsur hara diibaratkan sebagai makanan yang kaya akan nutrisi bagi tanaman sehingga keberadaannya perlu dijaga. Unsur hara terdiri dari berbagai unsur yang bisa didapat melalui udara dan juga melalui tanah. Unsur-unsur tersebut harus bisa dipenuhi sesuai takaran yang pas oleh tanaman, jangan sampai kurang atau berlebihan karena bisa berdampak pada kelangsungan proses pertumbuhan tanaman.

er

Namun saat ini berbagai hal dapat mengganggu ketersediaan unsur hara khususnya ketersediaan unsur hara yang ada dalam tanah. Salah satu masalah yang mempengaruhi hal tersebut yaitu terjadinya erosi yang menyebabkan pergeseran atau pengikisan tanah. Erosi dapat terjadi oleh beberapa faktor, mulai dari pengaruh iklim dan cuaca, pengaruh kondisi tanah, kemiringan atau topografi tanah, vegetasi hingga campur tangan ulah manusia. Erosi yang kapasitasnya tinggi membuat berbagai dampak buruk bermunculan, termasuk ketersediaan unsur hara yang semakin menipis dalam tanah.

Erosi pada dasarnya dapat menyebabkan penurunan sifat-sifat kimia dan berpengaruh terhadap fisiologis tanah sehingga dampaknya sangat besar bagi keseimbangan lingkungan. Berikut ini beberapa pengaruh yang ditimbulkan erosi terhadap ketersediaan unsur hara, antara lain:

  • Unsur hara dalam tanah yang dibutuhkan tanaman menjadi hilang.
  • Bahan organic dalam tanah menjadi berkurang.
  • Kemampuan tanah dalam menahan air semakin menurun.
  • Produktivitas dan pertumbuhan tanaman menjadi terganggu.
  • Kepadatan tanah semakin berkurang dan memburuk.

Erosi menyebabkan lapisan tanah bagian atas terbawa oleh sedimen akibat besarnya erosi yang ditimbulkan. Padahal, lapisan tanah bagian atas dikenal kaya akan unsur hara, unsur organik beserta mineral di dalamnya yang sangat bermanfaat. Karena itulah dikatakan bahwa erosi tanah sangat berpengaruh terhadap ketersediaan unsur hara dalam tanah yang selama ini dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Secara otomatis, terjadinya erosi tanah dapat mengakibatkan penurunan kesuburan dan pertumbuhan tanaman yang hidup di sekitar lahan erosi menjadi sangat terganggu. Tentu saja jika tidak segera ditangani dengan cara yang tepat, maka dampaknya akan lebih buruk lagi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *