Pengaruh ketersediaan mineral terhadap tanaman

Pengaruh ketersediaan mineral terhadap tanaman – Berbagai tahapan dalam metabolisme pigmen fotosintetik, dan struktur kloroplas, tergantung pada keberadaan zat besi. Karakter tanaman yang kekurangan besi adalah munculnya klorosis, yaitu daun akan berwarna kekuningan yang disebabkan oleh penurunan jumlah klorofil.

a

Lebih jauh lagi, komposisi proteom klorofil juga dimodifikasi untuk merespon kekurangan zat besi dalam tanaman, dimana protein komplek transfer elektron menurun dan protein yang berkaitan dengan fiksasi karbon meningkat. Penelitian mengindikasikan bahwa kekurangan Fe memicu penurunan elektron transport berdampak pada rendahnya fiksasi karbon yang mengubah efisiensi fotosintesis di PS II dimana konsentrasi Q menunjukkan reduksi yang rendah daripada transport elektron melalui PS II (Sharma, 2007).

Hubungan antara konsentrasi protein, Zn, dan Fe pada biji telah ditemukan khususnya pada spesies gandum, Triticale, jagung, kedelai dan tipe liar gandum emmer. Temuan ini secara tidak langsung menunjukkan asosiasi alami antara kandungan protein, Zn dan Fe dan mengindikasikan asosiasi tersebut mungkin dalam bentuk co-segregasi.

Distribusi dan penyimpanan Zn, Fe, Protein dan asam aminom menunjukkan korelasi positif antara protein dan Zn dan Fe di biji mengindikasikan bahwa protein bii menjadi sink bagi Zn dan Fe.

Baca Artikel Lainnya :

 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *