Pengaruh Ngopi Terhadap Kesehatan Jantung

Pengaruh Ngopi Terhadap Kesehatan Jantung – Ngopi dan minum kopi merupakan kegiatan ngetrend saat ini. ENtah muda atau tua,mereka sekarang sering ditemui di warung-warung kopi hingga larut malam.

Tapi anda harus tau,ngopi memiliki efek yang kurang baik bagi tubuh terutama bagi jantung. Hal itu dikarenakan kopi mengandung kafein yang berefek pada jantung. Serta kebiasaan nongkrong hingga larut malam yang akan berpengaruh pada paru-paru.

1

Hawa dingin dimalam hari terbukti tidak baik bagi paru-paru. Jika terlalu sering nongkrong dimalam hari, waspada dengan penyakit paru-paru basah dan liver.

Dokter spesialis bedah Toraks dan kardiovaskular Bunda Heart Centre, Hariadi Hadibrata mengatakan bahwa kopi tidak menyebabkan penyakit jantung. Kafein lah yang mempengaruhi. Tetapi itu bukan penyebab utama melainkan memperparah kondisi.

Orang yang normal jantungnya berdenyut 80 kali per menit,sedangkan orang yang minum kopi jantungnya berdenyut 100 kali per menit.

Perbedaan denyut itu bisa disebabkan oleh banyak hal. Kopi bukan penyebab utamanya. Serta pengaruh kafein terhadap denyut jantung tiap orang juga berbeda-beda. Penyebab lain masalah jantung selain kopi adalah keturunan, makan-makanan yang berlemak, dan konsumsi alcohol. Minum kopi adalah bagian kecilnya saja.

Tapi bayak kasus diluar sana yaitu serangan jantung disebabkan karena kopi. Itu mengapa banyak dokter menyarankan untuk menghindari kopi bagi orang yang punya riwayat sakit jantung.  Meminum secangkir kopi mungkin tak terlalu berpengaruh tapi bila mengkonsumsi tiga cangkir sehari itu baru beresiko.

Pengaruh kopi akan lebih besar bahayanya bila anda meminum obat atau minuman lain sebelum minum kopi. Hal itu dapat memperkeras kerja jantung sehingga berpotensi terkena serangan jantung lebih awal.

Orang yang punya riwayat penyakit jantung juga disarankan untuk meminum kopi lebih encer dari biasanya. Kopi yang kental akan sangat berbahaya bagi pengidap penyakit jantung.

Baca Artikel Lainnya :

Bagi ibu hamil juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi lebih dari secangkir sehari guna untuk menjaga kesehatan bayi dan ibunya.

Itu dia sedikit penjelasan mengenai pengaruh ngopi terhadap kesehatan jantung. Kurangi konsumsi kopi dan selalu hidup sehat adalah kunci supaya terbebas dari berbagai macam penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *