Pengaruh Pemberian Zeolit Terhadap Produksi Padi

Mayoritas warga Indonesia memang mengonsumsi makanan pokok berupa nasi, berbeda dengan warga asing yang hanya sebatas roti atau juga kentang. Bahkan banyak yang mengasumsikan bahwa belum makan jika tanpa nasi, meskipun sudah mengonsumsi makanan yang lainnya dengan porsi yang cukup besar. Hal ini jugalah yang menyebabkan pemerintah sebisa mungkin menyiapkan kebutuhan masyarakatnya akan beras hingga melakukan import dari negara asing. Padahal Indonesia sendiri bukan negara yang kekurangan lahan, hampir setiap daerah memiliki potensi untuk pertanian, mayoritas masyarakatnya sendiri juga bekerja sebagai petani.

1

Salah satu hal yang menyebabkan kurangnya atau menurunnya produksi padi tiap tahun adalah karena unsur hara yang dihasilkan oleh tanah semakin lama semakin berkurang, hal ini bisa terjadi karena berbagai macam hal, diantaranya adalah karena terlalu banyak pemakaian zat-zat kimia yang tak secara langsung diserap dalam tanah, bahkan dampaknya hingga beberapa tahun yang akan datang, tanah menjadi kekurangan unsur hara dan semakin lama hasil pertanian juga semakin menurun. Salah satu unsur hara yang sangat diperlukan oleh tanaman namun keberadaannya sangat sedikit atau bahkan kurang maka harus dibantu dengan pemberian pupuk.

Diantaranya adalah zeolit, zat yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat dalam pertumbuhan tanaman diantaranya adalah padi atau yang dikenal dengan Oriza Sativa, keberadaannya dalam tanah yang kurang begitu cukup membuat produksinya juga tak bisa maksimal, tak heran jika seandainya zat ini sudah banyak dicampur dengan pupuk-pupuk yang ada di pasaran.

Untuk bisa mendapatkannya juga cukup mudah, namun harga yang ditawarkan tak bisa dikatakan murah. Keberadaan zeolit yang cukup dapat secara otomatis meningkatkan hasil produksi padi anda, namun jangan berlebihan dalam pemberiannya karena sebagai salah satu bahan kimia lama kelamaan juga akan merusak unsur hara yang ada di dalam tanah.

Biasanya zeolit ini dicampur dalam pupuk urea, jenis yang juga banyak digunakan masyarakat untuk tanaman mereka, manfaat yang didapatkan dengan mencampurkan zeolit pada pupuk urea dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman, hasil yang cukup bagus untuk membantu mempercepat dan memaksimalkan produksi padi anda. Dari berbagai macam penelitian juga dapat diketahui bahwa tak semua jenis pupuk akan cocok jika diberi zeolit, beberapa diantaranya bahkan mengalami penurunan fungsi setelah dicampur dengan zat tersebut.

Bagaimanapun itu, namun banyak yang cocok dan dapat mempercepat pertumbuhan begitu juga dengan hasil yang diberikan pada biji padi sehingga jauh lebih banyak dan besar. Zeolit memang tak bisa dibeli dan diberikan pada tanaman secara langsung, namun anda bisa dengan mudah menemukan kandungannya pada pupuk-pupuk yang dijual di pasaran. Apalagi dewasa ini semakin banyak saja hal baru yang diciptakan oleh manusia untuk kepentingan pertaniannya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *