Pengaruh Penambangan Secara Besar-besaran Terhadap Lingkungan  

Pertambangan ialah salah satu kegiatan untuk menggali bagian bumi yang dalam untuk mendapatkan hasil bumi, seperti emas, batu bara, minyak bumi dan lainnya. Proses penambangan ini mampu menghasilkan beberapa hasil yang bermanfaat bagi sumber kebutuhan. Akan tetapi, dibalik proses penambangan ini mampu menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan sekitarnya. Entah itu pada resiko yang berlaku pada waktu yang cepat ataupun pada beberapa masa yang akan datang.

1

Pada proses pertambangan yang dilakukan ini, berada di dalam hutan atau di kawasan hutan. Sehingga, terdapat beberapa resiko yang dapat menyebabkan kerusakan bagi lingkungan, seperti pencemaran tanah, air dan udara. Pada pencemaran ini menyebabkan kerusakan pada lingkungan tersebut, jadi secara tak langsung, kesehatan pada lingkungan tersebut tak dapat berfungsi seperti sebelumnya.

Memang resiko dari pertambangan ini menjadi sisi yang dilema. Termasuk pada hasil dari penambangan yang diperlukan untuk kehidupan. Akan tetapi, semua itu harus ada batasnya, serta memperhatikan kondisi dan situasi sekitarnya.

Karena, adanya pembangunan ini dapat menimbulkan ragam resiko, dari yang kecil hingga fatal. Beberapa resiko atas tindakan pertambangan ini, dapat menyebabkan dampak buruk pada level kecil dan besar, seperti:

  • Resiko kecil yang mana pada proses penambangan ini menyisakan beberapa komponen berbahaya. Seperti penggunaan mercury, serta beberapa komponen lainnya yang dapat merusak pertumbuhan beberapa tanaman yang ada di sekitarnya.
  • Resiko besar ini termasuk pada kerusakan yang terjadi pada area tanah. Dimana proses pertambangan ini mencakup pada penggalian ke bawah tanah. Sekalipun hanya di titik tertentu, namun resiko kerusakan pada tanah dapat menyebar ke beberapa titik lainnya. Sehingga, tanah tersebut tak lagi subur, bahkan tak bisa ditumbuhkan beberapa tanaman yang akan dipanen.

Begitu banyak efek buruk dari pertambangan ini, salah satunya pada lingkungan di sekitarnya. Bahkan, dapat merusak ekosistem kawasan tersebut. Sekalipun mengambil area yang jauh dari kehidupan manusia, akan tetapi dapat berakibat fatal pada ekosistem hutan itu. Padahal, hutan termasuk pada kekayaan alam yang terus dijaga. Untuk itu, kegiatan penambangan ini, tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Bila perlu, dengan memiliki izin serta pada proses yang aman, untuk kesehatan penambang dan juga area sekitar.

Bahwasannya, pada proses pertambangan ini memang berada di titik tertentu untuk menggali kekayaan di dalam bumi. Sekalipun hasilnya untuk kebutuhan hidup, namun semua itu harus ada batasnya. Bila saja tidak memenuhi aturan, maka resiko besar bisa saja berdampak dalam waktu singkat. Untuk itu, alangkah baiknya bila tidak membangun perumahan yang berada di sekitar pertambangan. Serta, bila memungkinkan, tidak melakukan penanaman di sekitar area tersebut. Karena, tanaman itu juga tidak subur dan bisa mencari lokasi lain.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *