Pengaruh Udara Kotor Untuk Kesehatan Kita

Udara Kotor atau pencemaran udara telah menjadi hal yang paling sering dan ramai diperbincangkan di media akhir-akhir ini. Padahal sejatinya hutan tersebut dapat bermanfaat sebagai ‘penyaring’ udara kotor.

e 22

Akan tetapi ada saja ulah sekelompok orang tak bertanggung jawab yang membakar hutan sehingga tidak hanya merusak hutan tetapi juga mencemari lingkungan dengan asap kebakaran hutan.

Dampak buruk dari pencemaran udara sangat besar pengaruhnya bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Adapun dampak kesehatan yang disebabkan oleh pencemaran udara kotor bisa berbeda-beda antar individu yang satu dengan individu yang lain.

Menurut hasil penelitian para peneliti di Amerika Serikat, kelompok balita mempunyai tingkat kerentanan enam kali lebih besar bila dibandingkan dengan orang dewasa.

Kelompok anak balita (bawah lima tahun) lebih rentan karena mereka lebih aktif menghirup udara lebih banyak di banding orang dewasa, sehingga mereka lebih banyak menghirup zat-zat pencemar di dalam udara yang kotor. Berikut ini akan di bahas beberapa dampak buruk dari pencemaran udara. Langsung saja kita simak :

1. Gangguan pada Pernapasan

Pencemaran udara dapat mengganggu kesehatan terutama pernapasan. Jauhnya penetrasi zat pencemar udara ke dalam tubuh manusia tergantung kepada jenis pencemarnya. Partikel berukuran besar bisa tertahan di saluran pernapasan bagian atas tubuh, sedangkan partikel yang berukuran kecil atau gas dapat mencapai paru-paru.

Beberapa zat pencemar dapat dikategorikan sebagai toksik dan karsinogenik. Udara yang kotor mengandung gas karbon dioksida dan gas beracun lainnya yang dapat membahayakan sistem pernapasan pada manusia.

Udara kotor yang masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan dapat mengakibatkan infeksi saluran pernapasan serius, seperti sesak nafas, bronkitis dan asma. Jika kita menghirup udara kotor terus-menerus, maka akibatnya bisa sangat fatal terkena penyakit kanker paru-paru.

2. Gangguan pada Pertumbuhan Anak

Udara kotor yang mengandung timbal jika masuk ke saluran pernapasan balita akan sangat berbahaya dampaknya bagi perkembangan dan pertumbuhan anak tersebut.

Timbal dapat mengganggu sel-sel yang sedang tumbuh di tubuh anak khususnya balita. Oleh karena itu, selalu lindungi anak dengan masker jika udara terlihat tercemar.

3. Mengurangi Jarak Pandang

Asap yang begitu tebal kerap kali dapat mengurangi jarak pandang kita sehingga segala aktivitas menjadi terganggu dan menyebabkan jarak pandang menurun menjadi hanya beberapa meter saja.

Baca Artikel Lainnya :

Adapun penyebab pencemaran udara bukan hanya karena kebakaran hutan, tetapi karena pabrik industri dan asap kendaraan bermotor yang tidak terfilter dengan baik untuk pembuangannya. Aktivitas penerbangan di bandara juga dapat terganggu akibat berkurangnya jarak pandang.

4. Gangguan pada Sistem Reproduksi

Pencemaran udara juga bisa merusak dan menggangu sistem reproduksi pada manusia. Selain itu, organ tubuh lainnya juga akan terganggu seperti ginjal dan jantung.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *