Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Apel

Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Apel – Hama dan penyakit ialah salah satu serangan yang menyebabkan proses pertumbuhan suatu tanaman menjadi terganggu. Begitu juga pada yang dijumpai di tanaman apel, dimana hama dan penyakit bisa dengan mudahnya untuk menyerang. Sehingga, membuat kualitas panen yang kurang maksimal serta pada beberapa resiko yang lainnya. Sekalipun begitu, perlu ada tindakan pengendalian terhadap para pengganggu tersebut.

1

Hama tanaman apel dan cara mengatasinya

Seperti halnya dengan beberapa jenis hama tanaman apel serta langkah yang tepat untuk mengatasinya, yaitu:

  • Kutu daun hijau yang menimbulkan serangan pada bagian bunga sehingga gagal untuk berbuah untuk menjadi apel. Proses untuk mengatasi masalah ini bisa dengan semprotan pestisida dan juga pada proses sanitasi.
  • Tungau dan sejenisnya yang membuat buah apel menjadi berwarna coklat dan terdapat beberapa bercak. Pengendalian yang harus dilakukan ialah dengan pengobatan kimia atau semprotan pestisida. Bisa pula dengan menggunakan musuh alami yang bisa berupa seperti Lycosa.
  • Ulat daun termasuk juga pada ulat buah yang menyerang pada bagian daun dan buah. Cara mengatasinya dengan memberantas telur-telur dari ulat tersebut sebelum menetas. Serta pada penyemprotan zat kimia.
  • Lalat buah ialah larva yang memakan buah apel sehingga menimbulkan bekas berlubang pada area buah apel tersebut. Untuk mengatasinya bisa dengan membungkus buah dengan kertas yang rapat, serta menyemprotkan larutan kimia.

Beberapa hama tersebut, seringkali menyerang tanaman apel tanpa mengenal batas. Sehingga, resiko yang terjadi bisa mengakibatkan beberapa hal yang tak diinginkan, seperti:

  • Masa panen yang datang lebih lambat.
  • Buah yang membusuk.
  • Buah yang berlubang karena serangan ulat.
  • Tanaman yang mati dan tak dapat tumbuh ataupun berbuah lagi.
  • Gagal panen.

Ragam resiko buruk memang harus diatasi sebelum semua itu merugikan penanaman serta masa panen dari tabulampot ini. Termasuk pula pada pengendalian beberapa hama tersebut, serta terdapat pula resiko atas adanya penyakit yang menyerang tanaman apel. Seperti apapun jenis penyakit tersebut, tindakan yang tepat ialah mengatasinya dengan cepat nan akurat. Tujuannya ialah membuang jauh-jauh ragam resiko dari hama dan penyakit agar tidak datang kembali. Begitu juga dengan halangan dari beberapa penyakit berikut ini serta cara mengatasinya, yaitu:

  • Bercak pada daun yang menggerogoti nutrisi dari satu daun ke daun yang lainnya. Cara mencegah tersebarnya ialah dengan memetik daun tersebut serta membuangnya jauh-jauh dari lokasi penanaman ini.
  • Embun tepung ialah penyakit yang menyerang buah apel dengan warna kecoklatan, seperti buah apel yang membusuk. Penanggulangan dari penyakit ini ialah dengan membuang buah tersebut serta membersihkan area tabulampot dari tanaman lainnya.
  • Jamur upas ialah penyakit yang berupa jaring serta jamur yang menyerang pada bagian batang. Bahkan adapula yang menyerang buah hingga membusuk. Untuk mengatasi masalah ini memang harus membuang ataupun memangkas bagian yang terserang.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *